Kompas.com - 29/06/2020, 11:42 WIB

BOGOR. KOMPAS.comVespa 2-tak saat ini kembali diminati oleh penggemar roda dua. Walaupun motor jadul dan pasti berstatus bekas, harga jual dari vespa 2-tak masih saja tinggi.

Misalnya untuk Vespa di bawah tahun 1970, seperti Super atau Sprint, harganya mulai Rp 10 juta hanya berstatus bahan. Sedangkan yang sudah rapi dan siap pakai, bisa menyentuh Rp 20 juta, bahkan lebih.

Mekanik dari bengkel spesialis Vespa 2-tak Sar Motor di Bogor, Endar mengatakan, ada tips bagi yang ingin membeli Vespa 2-tak bekas, paling penting cek dengan teliti pada bagian bodi dan mesin.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Ganti Oli Berdasarkan Jarak atau Waktu?

Vespa sprint tahun 1976 milik Kuncoro Atmojo yang ditawarkan Rp 100 jutaistimewa Vespa sprint tahun 1976 milik Kuncoro Atmojo yang ditawarkan Rp 100 juta

“Terutama perhatikan kondisi bodi, apa ada yang keropos pada bagian tertentu atau tidak. Bisa cek pada bagian dek dan dudukan shockbreaker belakang bagian atasnya,” kata Endar saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Endar juga mengatakan, jangan lupa untuk mengecek mesin, terutama pada bagian pengisapannya. Bagian yang diperiksa yaitu pada lubang skep dari karburatornya. Endar menambahkan, lebih mudah untuk perbaiki mesin dibanding bodi.

“Memperbaiki bodi lebih repot, karena kita harus tahu ukuran jarak posisi bagian jok depan dengan sayap depan, agar bodi bisa kembali lurus atau senter,” ucap Endar.

Baca juga: Situs Jual Beli Online Banjir Xmax Bekas

Jadi sebisa mungkin untuk mencari vespa dengan bodi yang masih senter. Biasanya kalau dek bawah sudah diganti, kadang kurang senter dari yang aslinya. Hal itu juga kembali ke cara pengerjaan dari tukang lasnya.

“Cara mengecek bodi yang senter bisa dengan berkendara sambil melepas kedua tangan dan seimbang. Selain itu bisa juga dengan ukur jarak antara jok dengan sayap depan vespa,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.