Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saran Buat yang Mau Beli Vespa 2-Tak Bekas

Kompas.com - 29/06/2020, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR. KOMPAS.comVespa 2-tak saat ini kembali diminati oleh penggemar roda dua. Walaupun motor jadul dan pasti berstatus bekas, harga jual dari vespa 2-tak masih saja tinggi.

Misalnya untuk Vespa di bawah tahun 1970, seperti Super atau Sprint, harganya mulai Rp 10 juta hanya berstatus bahan. Sedangkan yang sudah rapi dan siap pakai, bisa menyentuh Rp 20 juta, bahkan lebih.

Mekanik dari bengkel spesialis Vespa 2-tak Sar Motor di Bogor, Endar mengatakan, ada tips bagi yang ingin membeli Vespa 2-tak bekas, paling penting cek dengan teliti pada bagian bodi dan mesin.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Ganti Oli Berdasarkan Jarak atau Waktu?

Vespa sprint tahun 1976 milik Kuncoro Atmojo yang ditawarkan Rp 100 jutaistimewa Vespa sprint tahun 1976 milik Kuncoro Atmojo yang ditawarkan Rp 100 juta

“Terutama perhatikan kondisi bodi, apa ada yang keropos pada bagian tertentu atau tidak. Bisa cek pada bagian dek dan dudukan shockbreaker belakang bagian atasnya,” kata Endar saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Endar juga mengatakan, jangan lupa untuk mengecek mesin, terutama pada bagian pengisapannya. Bagian yang diperiksa yaitu pada lubang skep dari karburatornya. Endar menambahkan, lebih mudah untuk perbaiki mesin dibanding bodi.

“Memperbaiki bodi lebih repot, karena kita harus tahu ukuran jarak posisi bagian jok depan dengan sayap depan, agar bodi bisa kembali lurus atau senter,” ucap Endar.

Baca juga: Situs Jual Beli Online Banjir Xmax Bekas

Jadi sebisa mungkin untuk mencari vespa dengan bodi yang masih senter. Biasanya kalau dek bawah sudah diganti, kadang kurang senter dari yang aslinya. Hal itu juga kembali ke cara pengerjaan dari tukang lasnya.

“Cara mengecek bodi yang senter bisa dengan berkendara sambil melepas kedua tangan dan seimbang. Selain itu bisa juga dengan ukur jarak antara jok dengan sayap depan vespa,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com