Penting Merawat Tangki BBM Mobil Secara Rutin

Kompas.com - 27/06/2020, 13:02 WIB
Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova. Innova Community (IC)Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan mobil tidak hanya pada bagian mesin atau pun kaki-kakinya.

Ada bagian lain yang juga perlu mendapat perhatian dari sang pemilik kendaraan, yakni penampung bahan bakar minyak ( BBM) atau tangki.

Perawatan tangki BBM mobil memang sering diabaikan oleh pemilik mobil dengan berbagai alasan.

Padahal, kondisi di dalam tangki juga berpengaruh terhadap performa mobil, salah satunya adalah mencegah adanya kotoran masuk ke ruang bakar.

Bukan tidak mungkin kondisi di dalam tangki kotor dan terlalu banyak endapan lumpur sehingga bisa berdampak pada kinerja mesin.

Baca juga: Begini Cara Benar Atur Tekanan Udara Ban Mobil

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, tangki bahan bakar juga perlu dilakukan perawatan secara rutin.

“Setiap 80.000 kilometer sebaiknya dilakukan perawatan rutin (dikuras), termasuk juga mengganti saringan bensin,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.

Menguras tangki bensin juga berfungsi untuk membersihkan endapan lumpur dan kotoran yang ada di dalam tangki.

Bambang menambahkan, bahwa di dalam tangki mobil yang rawan terjadi endapan karena adanya proses kondensasi.

Proses ini terjadi setiap harinya, terlebih jika sisa bahan bakar yang ada di dalam tangki cukup sedikit.

“Setiap hari pasti kondensasi, itu bisa diminimalkan dengan mengisi bensin lebih dari seperempat tangki,” katanya.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kelebihan atau Kekurangan Tekanan Udara?

Banyaknya endapan lumpur atau kotoran yang ada di dalam tangki, Bambang mengatakan, juga bisa berdampak pada kondisi mesin kendaraan.

Kapasitas tangki BBM tiap mobil berbeda-bedadrivespark.com Kapasitas tangki BBM tiap mobil berbeda-beda

Bukan tidak mungkin endapan yang masuk ke ruang mesin juga akan membuat mesin tidak bisa prima sehingga perlu dilakukan perawatan.

Baca juga: Saat Mobil Pecah Ban Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

“Sebenarnya yang merusak (mesin) itu kalau banyak kondensasi di dalam tangki atau adanya lumpur. Itu karena tangki sering kosong, sehingga terjadi kondensasi atau endapan bensin,” katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X