Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Parkir Lama, Lebih Baik Pakai Rem Tangan atau Ganjal Ban?

Kompas.com - 27/06/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 masih berlangsung, membuat beberapa pekerja tetap melakukan aktivitas Work From Home (WFH).

Kondisi ini tentu berdampak pada mobil yang bertahan parkir di garasi rumah selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlaku.

Bicara soal kendaraan, ada hal yang harus diperhatikan ketika memarkir mobil dalam waktu yang lama, yakni jangan mengaktifkan rem tangan atu (handbrake). Rem tangan yang diaktifkan saat mobil parkir lama berpotensi membuat sistem pengereman rusak.

Baca juga: Kenali Ragam Sistem Penggerak pada Mobil

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi menjelaskan, jika rem tangan aktif saat parkir mobil dalam jangka waktu yang lama, kampas rem bisa menekan brake drum sehingga bisa lengket.

Pengunaan rem tanganStanly/Otomania Pengunaan rem tangan

Mobil yang sudah diparkir lama umumnya sudah terjadi adhesi, jadi kampas rem gampang melekat pada brake drum. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya potensi lengket,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/6/2020)

Jika kampas rem sudah terlanjur melekat dengan brake drum, maka akan sulit melepasnya. Kalau sudah begitu mobil harus dipaksa jalan maju mundur secara berulang-ulang sampai lepas.

Baca juga: Syarat dan Cara Bikin SIM Gratis pada 1 Juli 2020

“Namun, kalau memang tidak bisa diakali, sebaiknya panggil mekanik bengkel resmi,” kata Bambang.

Untuk menghindari potensi terjadinya masalah tersebut. Bambang menyarankan kepada pemilik mobil agar tidak mengaktifkan rem tangan saat mobil diparkir lama.

Parkirlah mobil ditempat rata, kemudian roda depan atau belakang mobil di ganjal dengan batu atau benda lain yang bisa menghentikan laju kendaraan.

“Tetapi jika ingin tetap menggunakan rem tangan, pastikan pemilik kendaraan rajin memanaskan dan jalankan mobilnya. Tidak perlu lama-lama cukup 10 sampai 15 menit saja,” ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com