Sulit Oper Gigi Mundur di Mobil Manual, Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 25/06/2020, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pemindahan trasnmisi atau gigi pada mobil manual merupakan hal yang gampang-gampang susah.

Terkecuali bagi mereka yang sudah terbiasa dengan mobil manual, tentunya hal tersebut tidak akan menjadi masalah bahkan sudah diluar kepala.

Salah satu kendala yang kerap muncul saat mengemudikan mobil manual adalah sulit memasukkan gigi mundur.

Tidak jarang saat pengemudi hendak menggeser tuas ke posisi R, sering terasa ada yang mengganjal dan membuat gigi tidak bisa masuk.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Membersihkan Karpet Mobil di Rumah

Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Dealer Techncial Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan, gejala tersebut terjadi disebabkan oleh masalah teknis.

Sistem transmisi manual XpanderFacebook/Budi Daulay Sistem transmisi manual Xpander

“Rasa ganjal itu disebabkan oleh gigi mundur bertemu langsung dengan gear reverse idler (alur gigi). Saat digeser, ketemu langsung bukan pada ujung gigi namun pada badan giginya,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/6/2020)

Didi melanjutkan, komponen gigi mundur pada dasarnya menggunakan konstruksi yang sejajar. Supaya tuas bisa masuk, mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar harus berada pada posisi yang presisi.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Karpet Mobil Aftermarket

“Sedikit meleset atau terkena badan gigi, maka pergeseran tuas akan terasa keras. Jadi seperti ada yang mengganjal,” katanya.

Jika hal ini terjadi, apa solusi yang bisa dilakukan?

“Injak pedal kopling dan masukkan gigi 1. Biarkan mobil melaju sedikit dan hentikan, pastikan mobil tidak bergerak. Baru injak kopling dan geser transmisi ke posisi mundur,” kata Didi.

Didi mengingatkan, sebelum mundur pastikan pengemudi selalu memperhatikan situasi sekitar dan jangan lupa untuk melihat kaca spion, serta menoleh sesekali ke belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.