Masa Pandemi, Mobil Bekas Taksi Masih Diminati

Kompas.com - 25/06/2020, 14:16 WIB
Toyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta Selatan Stanly-Kompas.comToyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta Selatan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mobil baru, penjualan mobil bekas ( mobkas) juga mengalamai penurunan yang drastis. Kondisi ini terjadi akibat lemahnya ekonomi yang membuat daya beli masyarakat menurut akibat pandemi Covid-19.

Namun demikian, ternyata kondisi yang berbeda justru dialami Bluebird melalui divisi penjualan mobil sekennya.

Menurut Head of MobilGo Used Car Division Bluebird Group Hery Sugiarto, meski ada penurunan tapi sejauh ini tidak terlalu signifikan, bahkan masih tergolong stabil.

Baca juga: Harga MPV Murah di Bursa Lelang Mobil Bekas, Avanza Mulai Rp 60 Juta

"Memang ada penurunan di saat awal pandemi hingga akhir April lalu sampai 30 persen, namun itu pun kondisinya lebih dikarenakan hal-hal teknis. Contoh seperti kami yang tak bisa mengirimkan unit dan lainnya karena adanya pembatasan-pembatasan," ucap Hery saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/6/2020).

Toyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta SelatanStanly-Kompas.com Toyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta Selatan

"Namun kalau melihat dari segi tren, minat dari konsumen itu masih ada. Apalagi saat ini banyak pencari mobkas itu lebih ke budget yang minim ya, di bawah Rp 100 jutaan. Jadi bisa dibilang, meski turun namun cenderung stabil," kata dia.

Hery menjelaskan, secara kondisi memang tak bisa dipungkiri bila daya beli masyarakat dalam kondisi pandemi cenderung melemah. Tapi di satu sisi, masih ada kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil.

Kebutuhan memiliki mobil, menurut Hery didasari juga karena keadaan. Contoh, ada masyarakat yang mencari mobil untuk menemani aktivitas agar menghindari penggunaan transportasi umum.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Tinggal Tunggu Tanggal Main

Mercedes-Benz Eks Taksi BluebirdStanly-Kompas.com Mercedes-Benz Eks Taksi Bluebird

Selain itu, ada yang memiliki dana tak banyak, tapi ingin mencari mobil seken dengan harga terjangkau namun tetap memiliki jaminan, seperti garansi dan lain sebaginya. Celah-celah tersebut menurut Hery yang kini coba dioptimalkan.

"Untuk use car kami sebagian ada yang harganya memang menarik, contoh budget Rp 50-60 juta itu masih bisa dapat Nissan Almera atau Toyota Limo manual. Pada kedua segmen ini memang cenderung meningkat, tapi persentasenya saya belum ada," ujar Hery.

Sedangkan untuk penawaran diskon, menurut Hery akan diberikan bagi konsumen yang serius. Jumlahnya pun bervariasi tergantung dari kondisi mobil dan kesepakatan dengan konsumen.

Baca juga: Beli Mobil Seken, Begini Cara Memastikan BPKB Asli

Ilustrasi Nissan Almera eks taksi Blue Birdxsbluebird.com Ilustrasi Nissan Almera eks taksi Blue Bird

"Diskon ada, tapi memang tidak kami umbar namun hanya untuk konsumen yang serius. Besarannya untuk Limo sampai Mercy itu sekitar Rp 5 sampai Rp 10 jutaan," ucap Hery.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X