Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Gardan Jangan Lupa Diperhatikan, Ketahui Waktu Ideal Menggantinya

Kompas.com - 25/06/2020, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) berbeda dengan sepeda motor biasa, khususnya dalam hal perawatan. Agar kondisi motor tetap optimal, tidak hanya oli mesin saja yang perlu diganti secara rutin, tapi juga dengan oli transmisinya.

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, oli transmisi hendaknya diganti tiap 8.000 km atau tiap 4 bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Baca juga: Waspada, Lupa Ganti Oli Gardan Skutik Bisa Rugi Ratusan Ribu

Oli transmisi atau biasa juga disebut dengan oli gardan, berbeda dengan pelumas pada mesin. Fungsi dari oli ini khusus untuk melumasi bagian transmisi saja.

Oli gardan pada skutik.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Oli gardan pada skutik.

Meski hanya bekerja pada bagian transmisi, tapi oli transmisi yang tidak diganti secara berkala akan mempengaruhi performa mesin.

"Jika oli transmisi jarang diganti, akibatnya akan lebih cepat terjadi keausan di bagian bearing atau laher yang ada di bagian transmisi otomatis skutik tersebut," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Oli Gardan Mobil Bagus untuk Melumasi Rantai Motor?

Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, diharapkan untuk para pemilik dan pengguna skutik jangan sampai lupa untuk mengganti oli gardan secara periodik. Baiknya, diganti rutin bersamaan dengan oli mesin.

"Paling tidak 3 sampai 4 bulan diganti. Lalu ketika kondisi hujan atau banjir, pergantian bisa lebih cepat," kata Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com