Beli Mobil Seken, Begini Cara Memastikan BPKB Asli

Kompas.com - 25/06/2020, 07:22 WIB
Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor. KompasOtomotif-Donny AprilianandaBuku Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kendaraan seken atau bekas merupakan alternatif menarik untuk bisa mendapatkan mobil atau sepeda motor dengan harga kompetitif dengan cepat.

Tetapi, sebelum melakukan pembelian secara sah, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Salah satunya ialah mengecek keaslian dokumen kendaraan, khususnya Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB).

Pengecekan keaslian dokumen kendaraan ini wajib dilakukan. Sebab, jika pemilik sebelumnya memberikan dokumen palsu, maka kerugian menanti.

Baca juga: Baru Pertama Belajar Mobil, Haruskah dengan Transmisi Manual?

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

Surat kendaraan yang palsu membuat Anda tak bisa membayar pajak saat waktu jatuh tempo tiba.

Membedakan BPKB asli dengan yang palsu memerlukan ketelitian, sebab bentuknya hampir serupa.

Menurut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, setidaknya ada lima (5) cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa keaslian BPKB.

Baca juga: Begini Alur dan Biaya Perpanjangan SIM di Layanan Keliling

Pajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama.Dok. Samsat Pajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama.

1. Periksa halaman sampul BPKB. BPKB asli menggunakan bahan yang lebih mengilap, sedangkan BPKB palsu warnanya lebih buram.

2. Cek hologram di halaman pertama BPKB. Jika diterawang warnanya tetap abu-abu, berarti BPKB tersebut asli. Namun, jika diterawang dan warna hologram berubah menjadi kekuningan, BPKB tersebut hampir bisa dipastikan palsu.

3. Teliti nomor seri di bawah hologram pada halaman pertama. Sampaikan nomor tersebut kepada pihak kepolisian lalu lintas untuk pengecekan. Perlu diingat, detail nomor seri tak bisa dipublikasikan kepada umum.

Baca juga: Ini Merek Mobil Bekas yang Kurang Diminati Konsumen

4. Lihat di bagian identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu hanya mengubah data kendaraan saja sedangkan data pemilik kendaraan tidak berubah.

5. Cermati halaman ke-14 BPKB, terdapat lambang Korlantas akan terlihat jika diterangi dengan sinar ultraviolet. Saat diraba, tekstur kertas agak kasar karena logo tersebut dibuat timbul. Pada BPKB palsu tekstur kertas rata.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X