Kompas.com - 25/06/2020, 08:22 WIB


JEREZ, KOMPAS.com - Dewan Kota Jerez, Pemerintah Andalusia dan Dorna Sport, memutuskan bahwa seri perdana MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez akan tetap dilaksanakan tertutup tanpa penonton.

Keputusan ini bersifat final, setelah beberapa waktu lalu sempat ada wacana ingin melonggarkan protokol kesehatan yaitu dengan memperbolehkan adanya penonton meski dalam jumlah kecil.

Baca juga: Plus Minus Aspal Baru bagi Motor Balap MotoGP

"Faktor-faktor yang berbeda telah dianalisis untuk membuat keputusan, termasuk batasan kerumunan, yang akan dikurangi menjadi sepertiga untuk memenuhi persyaratan (social distancing) untuk menghindari infeksi baru Covid-19," kata pemerintah Andalusia, dikutip Crash.net, Kamis (25/6/2020).

Tim satelit Yamaha meraih hasil terbaik di kualifikasi GP Jerez 2019.motogp.com Tim satelit Yamaha meraih hasil terbaik di kualifikasi GP Jerez 2019.

Keputusan ini diambil sebab seri perdana bakal menentukan keseluruhan musim 2020. Setelah jadwal terganggu, Jerez akan jadi pembuktian semua pihak agar tetap bisa menyelesaikan musim ini dengan baik.

"Semua pihak sepakat bahwa dalam situasi ini harus fokus pada jaminan keselamatan tim dan kru, kelangsungan kompetisi, menghindari kerumunan dan memproyeksikan citra terbaik Jerez, provinsi Cádiz dan Andalusia dalam acara yang penting ini," tulisnya.

Baca juga: KTM dan Aprilia Tes Privat di Misano, Pol Espargaro Tercepat

Selain Jerez, Catalunya juga telah mengonfirmasi akan menggelar balapan tertutup. Adapun sirkuit lain seperti Misano Italia, Le Mans Perancis, dan Valencia Spanyol, berharap jika situasi membaik bisa ada penonton.

Tes Jerez akan dimulai pada 15 Juli dan balapan perdana pada 19 Juli. Menyusul kemudian balapan kedua di tempat sama pekan berikutnya yakni pada 26 Juli 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.