Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masa Pandemi, Mobil Bekas Taksi Masih Diminati

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mobil baru, penjualan mobil bekas (mobkas) juga mengalamai penurunan yang drastis. Kondisi ini terjadi akibat lemahnya ekonomi yang membuat daya beli masyarakat menurut akibat pandemi Covid-19.

Namun demikian, ternyata kondisi yang berbeda justru dialami Bluebird melalui divisi penjualan mobil sekennya.

Menurut Head of MobilGo Used Car Division Bluebird Group Hery Sugiarto, meski ada penurunan tapi sejauh ini tidak terlalu signifikan, bahkan masih tergolong stabil.

"Memang ada penurunan di saat awal pandemi hingga akhir April lalu sampai 30 persen, namun itu pun kondisinya lebih dikarenakan hal-hal teknis. Contoh seperti kami yang tak bisa mengirimkan unit dan lainnya karena adanya pembatasan-pembatasan," ucap Hery saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/6/2020).

"Namun kalau melihat dari segi tren, minat dari konsumen itu masih ada. Apalagi saat ini banyak pencari mobkas itu lebih ke budget yang minim ya, di bawah Rp 100 jutaan. Jadi bisa dibilang, meski turun namun cenderung stabil," kata dia.

Hery menjelaskan, secara kondisi memang tak bisa dipungkiri bila daya beli masyarakat dalam kondisi pandemi cenderung melemah. Tapi di satu sisi, masih ada kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil.

Kebutuhan memiliki mobil, menurut Hery didasari juga karena keadaan. Contoh, ada masyarakat yang mencari mobil untuk menemani aktivitas agar menghindari penggunaan transportasi umum.

Selain itu, ada yang memiliki dana tak banyak, tapi ingin mencari mobil seken dengan harga terjangkau namun tetap memiliki jaminan, seperti garansi dan lain sebaginya. Celah-celah tersebut menurut Hery yang kini coba dioptimalkan.

"Untuk use car kami sebagian ada yang harganya memang menarik, contoh budget Rp 50-60 juta itu masih bisa dapat Nissan Almera atau Toyota Limo manual. Pada kedua segmen ini memang cenderung meningkat, tapi persentasenya saya belum ada," ujar Hery.

Sedangkan untuk penawaran diskon, menurut Hery akan diberikan bagi konsumen yang serius. Jumlahnya pun bervariasi tergantung dari kondisi mobil dan kesepakatan dengan konsumen.

"Diskon ada, tapi memang tidak kami umbar namun hanya untuk konsumen yang serius. Besarannya untuk Limo sampai Mercy itu sekitar Rp 5 sampai Rp 10 jutaan," ucap Hery.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/25/141641815/masa-pandemi-mobil-bekas-taksi-masih-diminati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke