Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Ciri-ciri Kerusakan Pompa Bensin Mitsubishi Xpander

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah Filipina dan Vietnam, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan recall atau kampanye perbaikan Xpander. Low MPV ini mengalami masalah pada fuel pump atau pompa bensin yang membuat mesin tidak bekerja.

Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Service PT MMKSI, dalam keterangan resminya (22/6/2020) mengatakan, masalah ini terjadi pada Xpander lansiran 11 Oktober 2017 hingga 31 Agustus 2019.

Menurutnya pemilik Xpander yang tidak mengalami masalah, ada baiknya juga melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara.

“Indikasinya ialah ketika fuel pump di dalam tangki berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja,” ujar Hamazaki.

Sementara itu, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Dani Bastian, mengatakan, salah satu ciri pompa bensin Xpander bermasalah, yaitu mesin yang mati secara mendadak padahal sistem kelistrikan berfungsi normal.

“Setelah mati tidak bisa langsung hidup. Jadi kebanyakan mobil tiba-tiba berhenti, kemudian tidak bisa distarter,” ujar Dani, kepada Kompas.com (22/6/2020).

Menurut Dani, matinya mesin Xpander yang bermasalah pada pompa bensin kebanyakan terjadi saat mobil dalam keadaan statis.

“Ada beberapa kasus yang tiba-tiba mati saat dikendarai. Tapi paling banyak mobil mati saat keadaan diam, misal pagi-pagi mau starter tapi tidak nyala. Ada yang lagi di SPBU, selesai isi bensin tiba-tiba mobil tidak nyala,” katanya.

“Tapi sebetulnya setelah kita cek, setelah mobil mengalami gejala tersebut dan didiamkan, dia nyala lagi. Jadi enggak selalu muncul masalahnya,” ucap Dani.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/23/080200115/begini-ciri-ciri-kerusakan-pompa-bensin-mitsubishi-xpander

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke