Jangan Sembarangan Ganti Ukuran Ban Motor

Kompas.com - 20/06/2020, 17:39 WIB
Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal

JAKARTA, KOMPAS.com – Memodifikasi ban sepeda motor bisa dilakukan untuk meningkatkan penampilan. Namun jika motor digunakan untuk harian, ada batas wajar agar tetap nyaman digunakan.

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., produsen ban IRC Dodiyanto mengatakan, jika mau ganti mengganti ke ukuran yang lebih lebar, disarankan 1 step ke atas.

“Misalnya pada bagian depan dari 110/70-17 ganti ke ukuran 120/70-17, begitu juga pada bagian belakang,” kata Dodiyanto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Baca juga: Jangan Panik, Begini Teknik Benar Lewati Tanjakan Curam

Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport

Namun Dodiyanto mengatakan, jika ganti ban dengan yang lebih besar, akan memengaruhi akselerasi, kelincahan dan konsumsi bahan bakar. Kemudian jika ingin ganti lebih besar lagi, perlu ada penyesuaian pada komponen lain.

“Harus cek mentok atau enggak ban dengan suspensi rumah rem depan dan lain-lain. Pada bagian belakang, riskan mentok dengan suspensi, lengan ayung, dan bodi motor,” ucap Dodiyanto.

Baca juga: Mobil dengan Diskon Besar Belum Tentu Bisa Dongkrak Pasar

Pabrikan lebih menyarankan agar ganti dengan ukuran yang sama, jangan sampai ganti ukuran yang lebih kecil. Sebab, jika mengganti dengan ukuran yang lebih kecil, risikonya akan lebih besar.

“Kalau ganti ukuran yang lebih kecil, akan memengaruhi keselamatan dan kenyamanan pada saat menikung, mengerem, dan saat hujan pembuangan air tidak maksimal,” ucapnya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X