Seluruh Diler BMW dan Mini Sudah Kembali Beroperasi Penuh

Kompas.com - 19/06/2020, 09:02 WIB
Mobil New BMW Seri 7 terlihat saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (10/10/2019). BMW Seri 7 terbaru juga sudah dirakit lokal di pabrik BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Mobil hadir dengan dua pilihan yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMobil New BMW Seri 7 terlihat saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (10/10/2019). BMW Seri 7 terbaru juga sudah dirakit lokal di pabrik BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Mobil hadir dengan dua pilihan yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport.

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group Indonesia telah membuka seluruh jaringan diler resmi di Tanah Air seiring dengan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi menuju kenormalan baru alias new normal.

Namun, operasional diler mengalami sedikit perubahan karena menyesuaikan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah dalam upaya mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19).

"Kami sudah membuka semua diler resmi Mini dan BMW, usai kemarin sempat ditutup selama PSBB. Sudah dapat izin," kata Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania dalam diskusi virtual, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Hanya Tersedia 30 Unit, MINI GT Edition Resmi Sambut Warga Indonesia

Aktivitas teknisi di diler BMW Serpong, kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Selasa (25/4/2017). Diler BMW Serpong ini merupakan diler resmi pertama di Indonesia yang memiliki akses dan fasilitas dalam menangani kendaraan-kendaraan BMW seri i.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Aktivitas teknisi di diler BMW Serpong, kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Selasa (25/4/2017). Diler BMW Serpong ini merupakan diler resmi pertama di Indonesia yang memiliki akses dan fasilitas dalam menangani kendaraan-kendaraan BMW seri i.

Dibukanya kembali diler, tak lantas membuat pihak BMW Indonesia menutup proses penjualan berbasis daring yang sudah digencarkan beberapa waktu lalu. Bahkan, jaringan ini akan diperkuat lagi.

"Jadi bagi yang belum bisa ke diler, masih tetap memanfaatkan layanan online. Kami juga terus aktif di sosial media untuk tetap berkomunikasi dengan konsumen di tengah keterbatasan sekarang," ujar Jodie.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, Jodie belum bisa memastikan realisasi penjualan bulanan bakal kembali normal. Pasalnya, situasi di tengah pandemi sangat dinamis dan cukup sulit untuk ditebak.

"Kita tetap optimistis bahwa pasar akan kembali pulih. Aktivitas sudah kembali jalan, meski ada penyesuaian-penyesuaian," kata dia.

Baca juga: Penjualan BMW di Indonesia Masih Aman dari Imbas Corona

BMW di GIIAS 2015Donny Apriliananda/KompasOtomotif BMW di GIIAS 2015

Adapun penjualan BMW dan Mini di Indonesia selama pandemi, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terbilang cukup stabil. Bahkan, selama triwulan I/2020 tercatat ada sedikit peningkatan dibandingkan Januari-Maret 2019.

Tetapi, memasuki periode April 2020, penjualan retail baik BMW maupun Mini mengalami penurunan hingga 60 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Secara month to month, penjualan BMW dari Maret 2020 ke April 2020 berkurang 136 unit, sedangkan Mini minus 30 unit.

Namun, satu bulan setelahnya atau Mei 2020, penjualan bulanan BMW kembali mengalami peningkatan sebesar 55 persen menjadi 85 unit. Untuk diketahui, rata-rata penjualan bulanan BMW adalah 150 unit.

Sementara Mini, di periode yang sama, berhasil mempertahankan penjualan dari diler ke konsumen dengan 20 unit.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.