Siap Dipakai Gowes, Jalan Sudirman-Thamrin Punya Jalur Khusus Sepeda

Kompas.com - 19/06/2020, 07:02 WIB
Pekerja menggunakan sepeda menuju kantornya di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mengizinkan perkantoran kembali beroperasi sejak hari ini, namun dengan penerapan protokol kesehatan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPekerja menggunakan sepeda menuju kantornya di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mengizinkan perkantoran kembali beroperasi sejak hari ini, namun dengan penerapan protokol kesehatan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta menyiapkan jalur khusus sepeda selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dengan mengambil jalur kendaraan bermotor.

Jalur sepeda sementara ini diberi nama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, berjarak sekitar 14 Km.

Untuk membatasi jalur sepeda dan jalur kendaraan bermotor, polisi menggunakan traffic cone, dan akan mengatur penggunaannya sesuai waktu operasional yang ditetapkan.

Baca juga: Toyota Banting Harga Mobil Bekas Hingga 50 Persen, Avanza Cuma Rp 60 Juta

Polisi sosialisasikan penerapan jalur sepeda sementara di Jakartahumas.polri.go.id Polisi sosialisasikan penerapan jalur sepeda sementara di Jakarta

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo, mengatakan, pihaknya dan Dishub DKI Jakarta telah menyepakati jam operasional jalur sepeda tersebut pada pagi dan sore hari.

“Dari Senin sampai Jumat itu pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore hari dari jam 16.00 – 18.00 WIB,” ujar Sambodo, dalam keterangan tertulis (18/6/2020).

Sementara untuk hari Sabtu, jalur sepeda sementara akan mulai beroperasi dari pukul 06.00 – 10.00 WIB. Dan pada sore harinya pukul 16.00 – 19.00 WIB.

Baca juga: Lebih Murah dari Rocky, Ini Daftar Harga Toyota Raize

 

Sejumlah warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (31/5/2020).  Mereka menggunakan masker.DOKUMEN PRIBADI Sejumlah warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (31/5/2020). Mereka menggunakan masker.

Kemudian pada hari Minggu, kemungkinan penerapan jalur sepeda sementara akan bersamaan dengan pelaksanaan jadwal car free day. Sedangkan untuk sore hari, pukul 16.00 – 19.00 WIB.

“Di sela-sela jam tersebut, maka pembatas pop-up bike lane ini kemudian kita pinggirkan. Karena memang, arus lalu lintas juga cukup padat,” kata Sambodo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X