BMW Mengklaim Tidak PHK Karyawan di Indonesia

Kompas.com - 19/06/2020, 08:02 WIB
Mobil New BMW Seri 7 terlihat saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (10/10/2019). BMW Seri 7 terbaru juga sudah dirakit lokal di pabrik BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Mobil hadir dengan dua pilihan yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMobil New BMW Seri 7 terlihat saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (10/10/2019). BMW Seri 7 terbaru juga sudah dirakit lokal di pabrik BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Mobil hadir dengan dua pilihan yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport.

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group berencana untuk melakukan pemangkasan hingga 5.000 karyawan secara global sebagai respons terhadap penurunan permintaan kendaraan bermotor di tengah pandemi virus corona alias Covid-19.

Perampingan pekerja tersebut setidaknya berlangsung hingga kondisi pasar kembali pulih sediakala. Sehingga, pabrikan bisa menunaikan segala hak bagi pekerjanya sekaligus mencapai produktifitas yang efisien.

Menanggapi kabar ini, Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania memastikan bahwa keputusan tersebut tidak berlaku di Indonesia. Maka, dipastikan tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) di Tanah Air.

Baca juga: Hanya Tersedia 30 Unit, MINI GT Edition Resmi Sambut Warga Indonesia

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.

"Pemutusan kerja itu dikarenakan adanya penutupan pabrik di Jerman sehingga berdampak langsung secara ekonomi dan pekerjanya. Di Indonesia, kita tidak melakukan hal serupa karena masih berkesinambungan," ujarnya, Kamis (18/6/2020).

Seperti diketahui, BMW Indonesia tidak memiliki pabrik produksi di Indonesia. Semua produk rakitan lokal alias completely knock down (CKD) memanfaatkan fasilitas produksi milik Grup Astra, PT Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara. Sedangkan sisa produk lainnya, diimpor utuh dari Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami juga sudah siapkan berbagai strategi untuk bisa keluar dari krisis ini, serta tetap terus berinovasi menyambut new normal. Kami juga yakin bahwa pasar Indonesia bisa tumbuh," lanjut Jodie.

All New BMW X6 meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL All New BMW X6 meluncur di Indonesia

Beberapa strategi dan inovasi yang dilakukan BMW Group Indonesia untuk beradaptasi dengan kenormalan baru ialah, menjaga komunikasi melalui media sosial, penjualan dan pre-order secara daring, peluncuran produk secara virtual, hingga layanan service dan test drive ke rumah.

"Ketangguhan BMW sudah pernah dibuktikan dari krisis beberapa tahun lalu. Saat ini, kita tetap optimis menghadapi pandemi yang merupakan tantangan luar biasa bagi seluruh industri, tak hanya otomotif," kata Jodie.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.