Catat, Ini Tanggal Beroperasi Layanan Pembuatan SIM di Mal

Kompas.com - 10/06/2020, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyatakan, bahwa layanan surat izin mengemudi (SIM) di gerai mal belum dibuka pada tahap awal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Hal ini, sebagaimana dikatakan Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, dikarenakan pengoperasian gerai mengikuti jadwal bukanya kembali mal yang bersangkutan.

"Betul saat ini gerai SIM belum bisa buka karena mal juga belum operasional. Ketika mal sudah buka, kita juga akan operasionalkan gerai SIM," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Ini Alasan Mengapa SIM Baru Boleh Dimiliki Saat Berusia 17 Tahun

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Bila melihat Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 4 Juni 2020, maka gerai SIM di mal mulai dibuka pada 15 Juni 2020.

Sebab, dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa beberapa mal di wilayah Jakarta sudah boleh beroperasi walau dengan pembatasan supaya tidak terjadi penumpukkan massa.

Namun, dalam upaya mengurangi antrean yang terjadi di Satpas dan SIM Keliling beberapa waktu belakangan lantaran membludaknya permohonan perpanjangan SIM, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya masih berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta agar bisa mengoperasikan gerai SIM lebih awal.

"Ini berkaitan dengan antrean di Satpas dan SIM Keliling. Saat ini kita masih koordinasi, semoga bisa (dibuka lebih cepat)," ujar Hedwin.

Baca juga: Ingat, Berkendara Masa PSBB Transisi Tetap Ada Aturannya

Tangkapan layar foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo, Selasa (2/6/2020), menampilkan antrean pengunjung yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur. Tangkapan layar Instagram Tangkapan layar foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo, Selasa (2/6/2020), menampilkan antrean pengunjung yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Jakarta Timur.

Pada kesempatan sama, Hedwin juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu tergesa-gesa dalam melakukan perpanjangan SIM.

Apalagi ada dispensasi bagi para pemilik SIM yang habis masa berlakunya dari 17 Maret sampai 29 Juni 2020.

“Tidak harus buru-buru ke Satpas untuk mengurus perpanjangan, sampai 29 Juni itu masih ada dispensasi bagi SIM warga yang mati,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.