BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HONDA PROSPECT MOTOR

Mobil Pribadi Jadi Alat Transportasi Aman dan Nyaman di Era New Normal

Kompas.com - 06/06/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi berkendara saat new normal SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara saat new normal
|

KOMPAS.com – Keberadaan Pandemi Covid-19 sedikit banyak mengubah cara beraktivitas masyarakat. Dalam hal ini, muncul istilah new normal atau tatanan kenormalan baru.

Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi kebijakan new normal sudah menjadi perbincangan hangat.

Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian khusus dalam penerapan new normal, salah satunya adalah kesiapan transportasi guna mendukung aktivitas masyarakat.

Pasalnya, pengaktifan kembali roda ekonomi dipastikan akan menggerakkan banyak orang untuk keluar rumah dan memungkinkan terjadinya kepadatan di area transportasi umum. Tentu hal ini bisa memperbesar peluang penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, melansir Kompas.com, Minggu (31/5/2020), masyarakat pun diprediksi akan lebih memilih menggunakan transportasi pribadi untuk menghindari keramaian angkutan massal.

Protokol kesehatan mobil pribadi

Namun, penggunaan alat transportasi pribadi, seperti mobil, juga tak boleh asal. Sebagai pemilik atau pengguna mobil pribadi, ada protokol-protokol kesehatan yang mesti dijalankan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Pertama, selalu pastikan kabin mobil dalam keadaan bersih. Buang semua sampah dan turunkan barang yang tidak terpakai di dalam mobil sebelum berkendara.

Jika sudah tidak ada sampah, Anda bisa menyedot debu-debu interior menggunakan vacuum cleaner, mulai dari selipan-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok mobil, hingga bagian karpet dan lantai.

Selain itu, siapkan masker di laci dasbor dan hand sanitizer di panel pintu sebelum berkendara.

Namun, harap ingat untuk tidak meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil ketika kendaraan hendak diparkir kembali. Sebab, kandungan alkohol pada cairan ini bisa menimbulkan kebakaran saat terpapar suhu kabin yang panas.

Kedua, protokol kesehatan pasca berkendara. Meskipun Anda beranggapan kabin mobil sudah bersih, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan mengganti seluruh pakaian setelah beraktivitas dan bergegas mandi.

Selain itu, Anda juga bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang telah digunakan, seperti sarung tangan, dompet, atau sepatu.

Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteriSHUTTERSTOCK Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri

Perubahan behavior pelanggan

Tak hanya mengubah cara beraktivitas sebelum dan pasca berkendara, tatanan kenormalan baru sedikit banyak juga mengubah behavior (tingkah laku) masyarakat dalam membeli suatu barang.

Sebelum pandemi, masyarakat bebas untuk membeli barang baik secara langsung maupun secara online tanpa harus khawatir.

Berbeda dengan sekarang, sebab masyarakat akan lebih memilih berbelanja secara online dengan alasan kenyamanan dan keamanan.

Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan transaksi digital melalui e-commerce sebesar 18,1 persen menjadi 98,3 juta transaksi. Total nilai transaksi pun meningkat 9,9 persen menjadi Rp 20,7 triliun, dikutip dari Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Hal inilah yang membuat industri otomotif juga mulai menggalakkan layanan penjualan secara online, seperti yang dilakukan PT Honda Prospect Motor ( HPM).

Perlu diketahui, melansir laman resmi Honda Indonesia, pada akhir 2019, pembelian mobil Honda yang dilakukan secara online tercatat masih di bawah 5 persen.

Sementara pada April 2020, pembelian mobil Honda secara online meningkat hingga mencapai 20 persen dari seluruh total penjualan Honda di Indonesia.

 

Ilustrasi Mobil HondaDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Ilustrasi Mobil Honda

Sejalan dengan tren tersebut, Honda pun mengadakan program “Beli Honda di Rumah Aja” dengan berbagai penawaran menarik. Konsumen bisa melakukan pembelian melalui situs resmi dealer maupun official account Honda yang terdapat di laman Blibli dan Tokopedia.

Adapun keuntungan yang bisa dinikmati konsumen adalah gratis cicilan selama 3 bulan untuk pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V.

Untuk pembelian yang dilakukan melalui Blibli, konsumen juga akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa diskon 2 persen atau maksimal Rp 2 juta bagi semua model mobil Honda.

Sementara Official Store Honda di Tokopedia menawarkan keuntungan tambahan berupa diskon 2 persen atau maksimal Rp 5 juta untuk semua model mobil Honda.

Tak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (jasa + parts sampai dengan 50.000 kilometer (km) atau 4 tahun. Penawaran ini khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V, Honda Jazz, Honda Brio, dan Honda HR-V.

Untuk diketahui, seluruh program tersebut berlaku di seluruh dealer Honda di Indonesia selama periode Mei dan Juni 2020.

Aktivitas penjualan mobil secara online ini pun merupakan salah satu bagian dari new normal yang tak bisa dipisahkan dan akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di masa mendatang.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya