Cegah Penyebaran Corona, Bluebird Tak Tertarik Pakai Partisi di Mobil

Kompas.com - 05/06/2020, 09:12 WIB
Blue Bird merupakan perusahaan perusahaan taksi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan taksi eksekutif. Dok. ShutterstockBlue Bird merupakan perusahaan perusahaan taksi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan taksi eksekutif.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Munculnya imbauan physical distancing selama pandemi virus corona, membuat tren penggunaan sekat di mobil meningkat. Partisi ini ada beberapa jenisnya, dari yang murah sampai mahal.

Sejumlah sopir taksi online bahkan berimprovisasi memasang sekat partisi dari bahan plastik. Cara ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona antara penumpang dan pengemudi.

Meski dianggap efektif menanggulangi penyakit, perusahaan taksi Bluebird rupanya tidak begitu tertarik dengan solusi ini.

Baca juga: PSBB Kembali Diperpanjang, Simak Aturan Berkendara di Jakarta

Ilustrasi sekat partisi di mobilInstagram Ilustrasi sekat partisi di mobil

“Sampai saat ini belum ada hasil riset ilmiah yang mengungkapkan bahwa metode partisi plastik ini dapat secara efektif mencegah penyebaran virus Covid-19,” ujar Amelia Nasution, Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk, kepada Kompas.com (4/6/2020).

Amelia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan konsultasi dan studi untuk melihat dampak keamanan dan keselamatan dalam penggunaan sekat partisi bagi pengemudi serta penumpang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apakah partisi ini akan berdampak pada kejelasan pandang pengemudi, karena bagi Bluebird keselamatan dan keamanan pelangggan serta pengemudi adalah hal terpenting,” katanya.

Baca juga: Toyota Fortuner 2020 Resmi Meluncur, Ada Kejutan Varian Baru

Taksi BlueBird.dok.Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Taksi BlueBird.

Amelia menambahkan, pihaknya telah berkonsultasi dengan berbagai pakar untuk memahami cara terbaik dalam mencegah penularan Covid-19.

Menurutnya, cara pencegahan utama yang disarankan para ahli adalah dengan menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya.

Misalnya menggunakan face shield agar tidak terkena droplet, sering cuci tangan dengan air, dan menjaga jarak atau physical distancing.

Bluebird juga memberikan penyuluhan kepada pengemudi mengenai pencegahan penyebaran Covid-19, dengan melakukan temperature check yang dilakukan sebelum pengemudi beroperasi dan penyediaan klinik di setiap pool untuk memastikan kesehatan pengemudi.

Baca juga: Harga Fortuner 2020 Tembus Rp 800 Jutaan

GrabCar di Bandung mulai dipasangi sekat pelindung berbahan plastik. Untuk tahap awal, ditargetkan 100 kendaraan terpasang sekat pelindung.Dok GRAB GrabCar di Bandung mulai dipasangi sekat pelindung berbahan plastik. Untuk tahap awal, ditargetkan 100 kendaraan terpasang sekat pelindung.

Tak ketinggalan juga membersikan armada yang digunakan setiap hari dengan menyemprotkan disinfektan, dan menyediakan masker untuk semua pengemudi.

“Hal inilah yang dari sejak awal dilakukan oleh Bluebird. Kami juga menyediakan hand sanitizer di setiap mobil untuk penumpang dan menerapkan pengaturan duduk di dalam mobil untuk tetap menjaga jarak,” ucap Amelia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.