Pakai Helm Full Face Lebih Baik Pakai Balaclava

Kompas.com - 04/06/2020, 16:51 WIB
Honda Bikers Day 2017 Honda Bikers Day 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah maraknya pandemi corona atau Covid-19, masyarakat selalu diimbau oleh pemerintah untuk membiasakan diri menjaga kebersihan dan mengikuti protokol kesehatan.

Tidak terkecuali saat berkendara, pemotor diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat berkendara di jalan raya.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan bagi biker yang terbiasa memakai helm full face.

Seperti yang dilansir dari Visordown, Dr. Tommy Lim, mengatakan, para pemotor yang biasa menggunakan helm full face tidak disarankan untuk memakai masker secara bersamaan.

Baca juga: Pabrik Mobil di Indonesia Siap Beroperasi Jelang New Normal

Sebab, hal ini bisa menyebabkan pengendara motor kekurangan oksigen dan berpotensi menyebabkan kematian. Ini terjadi karena ketika berkendara adrenaline akan naik dan membuat kinerja jantung meningkat.

Blusnap Helmet cocok jadi aksesoris para biker yang menggunakan helm full face untuk berkendara harian.KOMPAS.com/Dio Blusnap Helmet cocok jadi aksesoris para biker yang menggunakan helm full face untuk berkendara harian.

Kondisi tersebut membuat pengendara membutuhkan pasokan oksigen lebih. Namun, karena memakai masker sekaligus helm full face membuat pasokan oksigen tidak bisa maksimal.

Baca juga: Soal Fortuner 2020, Ini Jawaban Toyota Indonesia

Terkait hal ini Dokter Umum Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, mengatakan, bagi pengendara motor yang sudah menggunakan helm jenis full face dan balaclava sebenarnya sudah cukup sebagai tindakan untuk mencegah virus.

"Jadi, mereka tidak perlu menggunakan masker lagi," ujar Daniel kepada Kompas.com, Kamis (04/06/2020)

Pria yang juga hobi mengendarai motor besar ini menambahkan, terutama bagi mereka yang menggunakan helm full face dengan merk tertentu seperti AGV, jika menggunakan masker saat bekendara pasti akan terasa sesak. 

“Namun, untuk yang menggunakan tipe helm open face tetap dianjurkan untuk menggunakan masker sebagai tindakan pecegahan.” kata Daniel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X