Ganti Ukuran Shockbreaker Belakang Motor, Punya Efek Samping

Kompas.com - 27/05/2020, 12:02 WIB
Shockbreaker RTX pada Yamaha NMAX edisi terbatas Febri Ardani/otomaniaShockbreaker RTX pada Yamaha NMAX edisi terbatas

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagian motor yang tidak luput dari sentuhan modifikasi, adalah mengganti peredam kejut atau shockbreaker belakang. Biasanya pemilik motor mengganti dengan produk aftermarket untuk meningkatkan penampilan atau performa.

Kadang ada juga pemilik yang hanya membeli karena modelnya saja, sedangkan spesifikasinya tidak sesuai dengan standar. Lalu bagaimana jika ukuran shockbreaker yang baru lebih panjang atau pendek dan apa efeknya?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, mengganti shockbreaker lebih panjang membuat jok lebih tinggi dan ban belakang lebih dekat ke lantai, begitu juga sebaliknya jika ganti yang lebih pendek.

Baca juga: Kenapa Lampu Kabin Bus Dimatikan Ketika Berjalan?

Suspensi belakang pakai Ohlins.KompasOtomotif-Donny Aprilianand Suspensi belakang pakai Ohlins.

"Mengganti shockbreaker yang lebih panjang atau pendek akan memengaruhi kestabilan motor saat digunakan," kata Endro kepada Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

Begitu juga yang dikatakan Agung Febrianto, Teknisi Ohlins Indonesia. Mengganti shockbreaker belakang akan berpengaruh pada berubahnya sudut rake dan trail di suspensi depan.

Sudut rake adalah sudut yang dibuat dari kemiringan suspensi depan dari garis tegak lurus sumbu roda depan, ke pijakan roda dengan tanah.

Baca juga: Tanpa Surat Izin, Pemudik Tak Bisa Kembali ke Jakarta

“Saat sudut rake berubah, berpengaruh pada handling motor. Shockbreaker belakang dibuat lebih tinggi dari standar akan berakibat sudut rake semakin kecil, begitu juga sebaliknya,” kata Agung kepada Kompas.com.

Sudut rake yang besar membuat handling motor sulit tetapi enak untuk trek lurus. Sedangkan sudut rake kecil membuat motor enak untuk manuver tapi kurang stabil di trek lurus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.