Fungsi Karet di Swingarm, Masih Banyak yang Belum Paham!

Kompas.com - 27/05/2020, 11:22 WIB
Karet swingarm BukaLapakKaret swingarm

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa sepeda motor masih banyak yang menggunakan rantai sebagai penerus putaran mesin ke roda. Saat berputar, rantai sepeda motor bisa mengendur dan menyentuh bagian swingarm, untuk itulah dipasang karet pada lengan ayun.

Bisa jadi karet yang satu ini luput dari perhatian pengguna motor. Sebab, memang jarang terjadi masalah pada karet tersebut. Biasanya, karet ini rusak mengikuti usia pakainya yang sudah lama.

Baca juga: Swingarm Limbah Moge Paling Populer untuk Modifikasi

Karet ini bukan hanya sekadar mencegah timbulnya bunyi berisik jika rantai mengenai swingarm. Karet ini juga berfungsi untuk mencegah swingarm rusak akibat terkena rantai.

Karet swingarmBukalapak Karet swingarm

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, fungsi karet pada swingarm untuk menjaga timbulnya gesekan rantai dengan swingarm.

"Jika karetnya rusak, maka dapat merusak swingarm dan juga membuat rantai cepar aus," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Swingarm Pro-Arm Honda NSR 150 SP, Setara Motor Sport Eropa

Wahyudi menambahkan, jika karet sudah terkikis habis atau rusak, sebaiknya lekas dilakukan penggantian. Untuk menggantinya juga mudah, tidak perlu sampai melepas swingarm.

Dampak dari gesekan yang terjadi antara rantai dengan swingarm bisa fatal. Swingarm bisa terkikis, begitu pula dengan rantainya.

Sehingga, rantai bisa saja putus dan swingarm yang terkikis lama kelamaan bisa berkarat. Di beberapa daerah yang tingkat kadar garamnya di air lebih tinggi, membuat penyebaran karat lebih cepat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X