Kompas.com - 10/05/2020, 14:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat lebih banyak di rumah, tapi tidak semua sebab ada beberapa profesi seperti ojek online (ojol) yang tetap mesti berkerja di luar.

Untuk itu buat yang masih beraktivitas di luar ruangan dan berpuasa harus menjaga tubuh. Berpuasa memang seharusnya tidak menghalangi aktivitas, termasuk dalam mengendarai sepeda motor.

Baca juga: Selama PSBB, Kendaraan yang Kebut-kebutan di Jalan Raya Bakal Disita

Meski begitu saat berpuasa mesti lebih hati-hati. Sebab mengendarai motor merupakan kegiatan penuh risiko, banyak tantangan di jalan raya bisa berbahaya karena kurang konsentrasi.

Kemacetan di pintu masuk Kota Banjarmasin saat PSBB hari pertama diberlakukan, Jumat (24/4/2020).KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR Kemacetan di pintu masuk Kota Banjarmasin saat PSBB hari pertama diberlakukan, Jumat (24/4/2020).

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, tips supaya tetap bugar mengendarai motor saat berpuasa yaitu dengan menjaga pola hidup yang benar.

"Usahakan untuk tidak berkendara saat cuaca sedang panas terik, dan selalu gunakan riding gear yang aman dan nyaman sehingga tubuh menjadi lebih rileks saat berkendara," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ini Bahayanya jika Kebut-kebutan Saat Jalanan Lengang

Agus mengatakan tips agar tetap fit berkendara saat puasa, yaitu makan sahur dengan gizi yangg cukup serta konsumsi multivamin atau suplemen tubuh agar kondisi tubuh selama berpuasa tetap terjaga.

Polisi ingatkan etika saat naik motor.Divisi Humas Polri Polisi ingatkan etika saat naik motor.

"Istirahat atau tidur yang cukup dan setelah sahur usahakan untuk melakukan aktivitas atau olahraga ringan sebelum mulai berkendara, lalu usahakan untuk tidak berkendara saat cuaca sedang panas terik," katanya.

Tak lupa yaitu mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, memakai sarung tangan, membawa pembersih, dan menjaga jarak dengan orang lain dan peraturan PSBB untuk mencegah penularan Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.