Kompas.com - 09/05/2020, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di musim hujan, wiper menjadi komponen paling vital saat berkendara. Tanpa adanya wiper, berkendara di musim hujan sama saja menantang maut.

Sebab, visibilitas dapat terganggu saat air hujan menetes dan mengalir di kaca depan. Maka itu, wiper juga sangat dianjurkan dapat berfungsi dengan optimal.

Baca juga: Salah Kaprah Bersihkan Debu Pakai Wiper

Penyakit pada wiper pada umumnya adalah sapuannya yang sudah tidak maksimal lagi atau gerakannya yang mulai melambat. Dugaan awal para pemilik mobil biasanya ada pada karetnya.

Ilustrasi berkendara saat musim hujancdn5.bmag.co.au Ilustrasi berkendara saat musim hujan

"Bagian karet itu kan tidak terlindung, terkena sinar matahari dan hujan. Lama kelamaan bisa getas atau rusak," ujar Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jika karet wiper sudah diganti dengan yang baru dan masalah yang sama masih muncul, ada kemungkinan juga engsel porosnya bermasalah. Bisa jadi karena karat atau kotoran yang menumpuk.

"Selain itu, bisa juga karena motor wiper yang rusak atau tombol kelistrikannya yang macet. Tapi, biasanya ini hanya terjadi pada mobil-mobil yang usianya relatif tua saja," kata Bambang.

Baca juga: Manfaat Angkat Wiper Mobil saat Parkir di Rumah Selama PSBB

Jika wiper tidak berfungsi sama sekali atau mati total, kemungkinan besar penyebabnya ada di bagian kelistrikan. Jangan coba untuk memperbaikinya sendiri jika tidak berpengalaman. Sebaiknya bawa ke bengkel terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

Wiper sebenarnya tidak ada perawatan khusus, karena komponen ini sudah didesain untuk masa kerja yang cukup panjang. Sebaiknya, rawat bagian karet dan kaca dengan baik. Sebab, kedua bagian tersebut yang bisa membebani kerja motor wiper apabila kondisinya tidak baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.