Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 3 Tanda Karet Wiper Mobil Sudah Mulai Rusak

Kompas.com - 06/04/2020, 13:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerusakan pada wiper biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba. Karet yang bertugas menyeka air pada kaca mobil ini akan memberikan tanda jika kondisinya sudah tidak baik lagi.

Selain usia pemakaian yang sudah terlalu lama, kerusakan bisa juga disebabkan karena cara pemakaian tidak sesuai dengan seharusnya.

Seperti mengoperasikan saat karet wiper dalam kondisi kering. Sehingga, bisa saja merusak karetnya dan bahkan bisa membuat baret pada kaca.

Baca juga: Jangan Nyalakan Wiper Saat Karetnya Kering, Ini Alasannya

Berikut tanda-tanda karet wiper sudah rusak.

Suara berisik

Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat bladebosch Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

Karet wiper yang kondisinya masih bagus tidak akan mengeluarkan suara saat dinyalakan. Hal ini karena karetnya masih lentur sehingga bisa bekerja dengan optimal saat digunakan.

“Salah satu tanda wiper sudah rusak kalau saat digunakan terdengar suara berisik hal ini karena karetnya sudah keras,” kata Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi kepada Kompas.com, Senin (6/4/2020).

Tidak sempurna menyeka air

Wiper mempunyai tugas yang sangat penting dalam memberikan visibilitas kepada pengemudi saat berkendara dalam kondisi hujan.

Penyeka kaca yang kondisinya masih bagus akan bekerja dengan sempurna dalam membersihkan air pada kaca, baik bagian depan maupun belakang.

Baca juga: Sebelum Ganti, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Wiper Mobil

Tetapi, jika saat digunakan wiper sudah tidak bisa menyeka air dengan sempurna hal itu menjadi salah satu tanda karet sudah waktunya diganti.

“Tanda yang lainnya adalah saat digunakan untuk menyeka kaca sudah tidak lagi bisa membersihkan air di kaca dengan baik,” ucap Didi.

Kondisi ini, lanjut Didi, tentunya bisa berbahaya mengingat pandangan pengemudi akan terganggu dengan sisa air yang masih menempel pada kaca.

Gerakannya tidak lancar

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

Wiper bekerja dengan cara bergerak dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Jika karet dalam kondisi masih bagus, gerakan ini akan terasa lancar.

Tetapi, jika karet sudah keras atau sudah tidak bagus lagi maka saat wiper dinyalakan gerakannya saat menyapu air tidak akan lancar atau tersendat-sendat.

Baca juga: Saat WFH, Jangan Lupa Merawat Karet Wiper Mobil

“Kalau karetnya sudah keras gerakannya tidak lancar atau tersendat-sendat, itu tanda karet sudah rusak,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com