Manfaat Angkat Wiper Mobil saat Parkir di Rumah Selama PSBB

Kompas.com - 17/04/2020, 10:22 WIB
ilustrasi parkir mobil pararel https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ilustrasi parkir mobil pararel

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia, membuat pemerintah memberlakukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) khususnya di Jakarta dan kota sekitar, seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut tentunya akan berimbas juga pada kendaraan yang hanya parkir di garasi. Yang berbahaya adalah jika mobil parkir di tempat terbuka dalam waktu yang cukup lama.

Terpaan sinar matahari yang terlalu panas tidak baik untuk mobil terlebih jika kaca kendaraan tidak dilengkapi dengan pelapis seperti kaca film. Akibatnya beberapa fungsi teknis pada mobil bisa menjadi korban.

Baca juga: Sebaran Covid-19 di Depok Makin Masif, Warga Diminta Patuhi PSBB

Salah satu dampak buruk yang sering terjadi adalah mengerasnya karet wiper. Sehingga, saat digunakan, wiper justru menggores kaca dan sulit dihilangkan meski dengan air bersih.

Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan, mengangkat karet wiper saat parkir apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama memang memiliki efek pada ketahanan usia karet wiper.

“Saat wiper menempel pada kaca mobil, akan mengalami double impact dari matahari dan panas kaca mobil. Sehingga kecepatan karet wiper menjadi keras dan tidak elastis akan lebih cepat, dan kemampuan untuk menyeka air dari kaca tidak akan maksimal,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Ini 3 Pemenang Modifikasi Digital Suzuki GSX150 Bandit

Cara menegakkan wiper setiap parkir diruangan memang mudah dilakukan oleh pemilik mobil dan dinilai ampuh karena wiper tak akan menempel langsung dengan kaca mobil. Sehingga, efek jangka panjang karet wiper tidak mudah getas. Sebab, sebagaimana diketauhi, kaca merupakan konduktor panas.

Sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan, seperti melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil, koran atau pelapis lainnya, hingga selalu membersihkan kaca setelah diparkir. Namun hal tersebut dinilai kurang ampuh.

Meski begitu, Suparna mengingatkan, mengangkat wiper saat parkir tidak mempengaruhi anjuran masa pergantian pada wiper juga pada jarak tempuh. Jadi, demi tetap memiliki visibilitas yang baik ketika berkendara memang sebaiknya dilakukan perggantian rutin.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X