Mobil Parkir Lama, Jangan Biarkan Bensin Basi

Kompas.com - 04/05/2020, 09:02 WIB
ilustrasi parkir mobil pararel www.rgj.comilustrasi parkir mobil pararel

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini intensitas penggunaan mobil di beberapa wilayah secara signifikan menurun, seiring dengan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Meski demikian, perawatan dan pengawasan tetap harus dilakukan guna menjaga kondisinya selalu siap pakai. Salah satunya, menjaga supaya bensin basi jangan sampai terjadi pada mobil yang parkir lama di rumah.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, menyatakan, bensin basi bisa terjadi lantaran tercampur dengan zat kimia lain yang berada di dalam tangki.

Baca juga: Lagi, Supercar Kecelakaan di Tol Jagorawi, Bodi Ringsek Parah

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

"Oleh karenanya, tangki bahan bakar diusahakan harus dalam keadaan penuh ketika kendaraan ditinggalkan lama. Atau sebaliknya, dikosongkan," katanya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Kemudian, pada kondisi tersebut secara bertahap bensin juga akan menguap. Perlahan tapi pasti, jika dibiarkan bakal membuat tangki berkarat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat mengalami penguapan tersebut, bisa terjadi namanya kondensasi sehingga tercampur air atau zat kimia lain. Kalau sudah terkena air, tarikan mobil jadi tidak enak atau bahkan mogok," kata Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Jarak yang Bisa Ditempuh Ketika Indikator Bensin E

Tangki bahan bakar Wagon R GS AGS.Febri Ardani/KompasOtomotif Tangki bahan bakar Wagon R GS AGS.

Kalau sudah terlanjur mengalami hal itu, pemilik harus menguras tangki bahan bakar. Prosesnya pun tak boleh sembarangan, disarankan untuk datang ke bengkel resmi agar mobil dilakukan pengecekan menyeluruh.

"Jadi memang sebaiknya kalau diparkir lama bensin keadaannya full saja, jadi kondensasi yang terjadi tidak terlalu banyak. Jangan lupa juga untuk cek bagian-bagian lain seperti air radiator, oli, dan sebagainya," ujar Bambang.

Efek Buruk Sering Kehabisan Bensin

Tangki bensin dan bagasi Revo FI Tangki bensin dan bagasi Revo FI

Saat ini sepeda motor dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi kian populer. Alasannya, karena bisa lebih menghemat bahan bakar dan mudah dalam perawatan. Meski demikan, bukan berarti motor tidak bisa rusak.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.