Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Corona, Balap Formula 1 Bergulir dengan Persiapan Terbatas

Kompas.com - 30/04/2020, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggara balap Formula 1 atau F1 mengumumkan bahwa seri balapan perdana akan berlangsung mulai Juli 2020.

Keputusan ini diambil usai pihak penyelenggara mengatur kembali kalender kejuaraan dan memberikan kepastian soal waktu balapan selanjutnya.

“World Motor Sport Council telah menyetujui perpanjangan periode shutdown bagi tim peserta dan produsen unit daya di ajang kejuaraan dunia Formula 1 FIA, sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” tulis FIA di laman resminya (28/4/2020).

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia

Lewis Hamilton/Formula 1 musim 2019Foto: supersport.com Lewis Hamilton/Formula 1 musim 2019

Sebelumnya, masa shutdown telah dimulai sejak GP Australia pada 15 Maret 2020, dan direncanakan akan berakhir pada penghujung April lalu.

Namun perpanjangan masa shutdown membuat jadwal F1 baru akan dimulai pada GP Austria 5 Juli 2020. Balap tersebut bahkan akan digelar tanpa penonton.

Itu pun belum dapat dipastikan terlaksana, mengingat sejumlah negara di Eropa masih memberlakukan karantina wilayah atau lockdown.

Baca juga: Catat, Ini Kriteria Pengguna Kendaraan yang Boleh Mudik

Formula 1 akan menggelar balapan di Sirkuit Suzuka pada hari Minggu (13/10/2019)twitter Formula 1 akan menggelar balapan di Sirkuit Suzuka pada hari Minggu (13/10/2019)

Persiapan Tim Dibatasi

Dengan perpanjangan masa shutdown, tim balap F1 juga tidak diperkenankan untuk melakukan pengembangan. Baik itu mesin, desain bodi, aero wing, sasis, dan lain sebagainya.

Walau demikian, tim diizinkan mengajukan pengembangan setelah menjalankan masa shutdown di hari ke-50.

Dengan catatan, jumlah orang yang mengerjakan pengembangan tersebut tidak lebih dari 10 orang dan dikerjakan secara remote.

Baca juga: Tertunda Corona, Ini Perkembangan Kabar Toyota Fortuner Facelift

Pebalap Indonesia, Sean Gelael, saat menjalani tes bersama tim Toro Rosso.JAGONYA AYAM Pebalap Indonesia, Sean Gelael, saat menjalani tes bersama tim Toro Rosso.

“Pandemi ini terasa sekali dampaknya. Kita kerja enggak bisa ngapa-ngapain, gaji saya pun kena potongan,” ujar Stephanus Widjanarko, orang Indonesia yang bekerja di tim balap Scuderia Torro Roso (AlphaTauri), dalam konferensi video (29/4/2020).

“Biasanya datang ke kantor, ada ide, lalu gambar konsepnya. Kalau masuk akal kami coba di komputer, lalu testing di tunnel. Kalau bagus kita bawa ke lapangan,” kata Stephanus.

Walaupun telah menargetkan akan menggelar balap perdana F1 musim 2020 pada Juli mendatang, tampaknya rencana tersebut belum bisa dipastikan terlaksana.

Baca juga: Pakai Mesin Turbo, Ini Dia Suzuki Jimny Paling Bertenaga di Dunia

Jadwal sementara balap Formula 1 musim 2020wikipedia Jadwal sementara balap Formula 1 musim 2020

Pasalnya sejumlah negara di Eropa masih memberlakukan lockdown seperti Belanda, Italia, Inggris, dan Jerman.

“Penyelenggara balap tidak hanya harus mendapatkan izin dari setiap negara yang jadi tuan rumah, tapi juga harus memastikan kesiapan tim balap dalam mengikuti kompetisi F1 musim 2020,“ ucap pengamat motorsport M. Wahab S, dalam kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com