Imbas Corona, Balap Formula 1 Bergulir dengan Persiapan Terbatas

Kompas.com - 30/04/2020, 11:02 WIB
Formula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP) ANDREJ ISAKOVICFormula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggara balap Formula 1 atau F1 mengumumkan bahwa seri balapan perdana akan berlangsung mulai Juli 2020.

Keputusan ini diambil usai pihak penyelenggara mengatur kembali kalender kejuaraan dan memberikan kepastian soal waktu balapan selanjutnya.

“World Motor Sport Council telah menyetujui perpanjangan periode shutdown bagi tim peserta dan produsen unit daya di ajang kejuaraan dunia Formula 1 FIA, sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” tulis FIA di laman resminya (28/4/2020).

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia

Lewis Hamilton/Formula 1 musim 2019Foto: supersport.com Lewis Hamilton/Formula 1 musim 2019

Sebelumnya, masa shutdown telah dimulai sejak GP Australia pada 15 Maret 2020, dan direncanakan akan berakhir pada penghujung April lalu.

Namun perpanjangan masa shutdown membuat jadwal F1 baru akan dimulai pada GP Austria 5 Juli 2020. Balap tersebut bahkan akan digelar tanpa penonton.

Itu pun belum dapat dipastikan terlaksana, mengingat sejumlah negara di Eropa masih memberlakukan karantina wilayah atau lockdown.

Baca juga: Catat, Ini Kriteria Pengguna Kendaraan yang Boleh Mudik

Formula 1 akan menggelar balapan di Sirkuit Suzuka pada hari Minggu (13/10/2019)twitter Formula 1 akan menggelar balapan di Sirkuit Suzuka pada hari Minggu (13/10/2019)

Persiapan Tim Dibatasi

Dengan perpanjangan masa shutdown, tim balap F1 juga tidak diperkenankan untuk melakukan pengembangan. Baik itu mesin, desain bodi, aero wing, sasis, dan lain sebagainya.

Walau demikian, tim diizinkan mengajukan pengembangan setelah menjalankan masa shutdown di hari ke-50.

Dengan catatan, jumlah orang yang mengerjakan pengembangan tersebut tidak lebih dari 10 orang dan dikerjakan secara remote.

Baca juga: Tertunda Corona, Ini Perkembangan Kabar Toyota Fortuner Facelift

Pebalap Indonesia, Sean Gelael, saat menjalani tes bersama tim Toro Rosso.JAGONYA AYAM Pebalap Indonesia, Sean Gelael, saat menjalani tes bersama tim Toro Rosso.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X