Tak Ada Lagi DP Murah, Uang Muka Kredit Mobil Minimal 40 Persen

Kompas.com - 28/04/2020, 14:41 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah kalangan mengalami masalah finansial lantaran penghasilan yang menurun.

Tak sedikit dari mereka yang harus menangguhkan pembayaran kreditnya kepada perusahaan pembiayaan (leasing) sampai keadaan normal.

Pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun menawarkan solusi relaksasi kredit bagi sektor-sektor yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Ribuan Kendaraan Dipaksa Putar Balik karena Nekat Mudik

 

Arista Group resmi merilis situs jual-beli kendaraanArista Group Arista Group resmi merilis situs jual-beli kendaraan

Kondisi ini akhirnya memaksa leasing untuk menyeleksi lebih ketat konsumen yang mengajukan kredit, untuk meminimalisasi konsumen yang gagal bayar.

Ali Hanafiah, Co Founder & Director Arista Group, mengatakan, saat ini pihaknya tengah meningkatkan penjualan dengan program menarik dan layanan berbasis digital.

Langkah ini dipercaya bisa memudahkan konsumen dalam membeli kendaraan saat PSBB. Meski begitu bukan berarti Arista melonggarkan syarat dan ketentuan bagi konsumen yang mengajukan kredit.

Baca juga: Diskon Skutik dan Naked Bike di Awal Ramadhan Tembus Jutaan Rupiah

 

Salah satu unit mobil bekas yang ditawarkan bisa dibeli secara kredit di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu unit mobil bekas yang ditawarkan bisa dibeli secara kredit di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).

Ali mengatakan, pihaknya tetap selektif menerima calon konsumen. Menurutnya, konsumen harus menyesuaikan kemampuan kredit mereka saat membeli kendaraan.

Seperti diketahui, sejumlah diler telah menaikkan rata-rata down payment (DP) minimal 40 persen. Padahal sebelumnya banyak penawaran DP rendah dan cicilan ringan yang ditawarkan buat konsumen.

“Kami sangat menjaga kualitas konsumen. Kami bekerja sama dengan banyak perusahaan pembiayaan besar dalam kredit kendaraan. Kami menyeleksi kemampuan bayar mereka dengan kendaraan yang dipilih,” ujar Ali, dalam konferensi video (27/4/2020).

Baca juga: Mengenal Istilah Kandang Macan, Tempat Istirahat Sopir Bus AKAP

 

Ilustrasi membeli mobilistimewa Ilustrasi membeli mobil

Ia menambahkan, konsumen harus menyesuaikan DP dengan kemampuan finansial, agar tidak memberatkan pembayaran kredit.

“Cicilan idealnya sepertiga dari penghasilan konsumen. Jika mereka memenuhi syarat tersebut akan kami bantu untuk diajukan ke perusahaan pembiayaan,” kata Ali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.