Motor Matik dengan Sistem Karburator Masih Banyak Dicari Konsumen

Kompas.com - 31/03/2020, 08:12 WIB
Motor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019). KOMPAS.com/GilangMotor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019).
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi injeksi pada sepeda motor, ternyata tidak begitu saja menghilangkan peminat motor karburator.

Bahkan, masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan motor karburator dibandingkan dengan injeksi.

Salah satu alasan yang paling banyak disampaikan adalah kemudahan dalam perawatannya, karena tidak rumit seperti sistem injeksi.

Di samping itu, ada pula yang beranggapan bahwa motor dengan karburator lebih nyaman saat dikendarai karena akselerasinya lebih bagus.

Alasan itulah yang kemudian membuat beberapa motor bekas karburator, terutama matik masih banyak diminati.

Baca juga: Mengenal Istilah Korok Radiator

Kondisi seperti itu yang membuat harga motor matik karburator tersebut masih tetap stabil sampai saat ini.

Pemilik showroom motor bekas ( Mokas) Gilang Motor, I Wayan Suryanata mengatakan, ada beberapa tipe motor matik karburator yang harganya masih stabil.

Honda Vario 110KompasOtomotif Honda Vario 110

 

Kalau pun ada penurunan harga, secara nominal tidak terlalu signifikan. Kondisinya diklaim berbeda dengan penurunan pada motor baru yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

“Kalau untuk pabrikan Honda itu ada dua tipe yang harganya masih stabil yakni Beat dan juga Vario lama yang belum techno. Orang kalau nyebutnya Vario Kebo, itu harganya masih stabil di bawah Rp 7 juta,” katanya kepada Kompas.com, Senin (30/3/2020).

Sedangkan, lanjut Wayan, untuk pabrikan Yamaha ada Mio Soul lama yang juga masih menganut sistem karburator.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X