Lebih Bertenaga Mesin Yaris Cross, Honda HR-V, atau Suzuki S-Cross?

Kompas.com - 24/04/2020, 13:41 WIB
Ilustrasi Toyota Yaris Cross Toyota GlobalIlustrasi Toyota Yaris Cross
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota resmi perkenalkan SUV baru Yaris Cross yang bakal meluncur di Jepang sekitar musim gugur tahun ini. Mobil ini kabarnya akan dibekali dua pilihan mesin, bensin dan hybrid.

Dilansir dari laman Best Car Web, akan menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc 3-silinder berkode M15A-FKS yang bertenaga 120 ps serta torsi maksimal 145 Nm.

Mesin ini menyalurkan ke dua roda depan dengan pilihan transmisi direct shift CVT dan manual 6-percepatan.

Baca juga: Catat, Ini Titik Check Point untuk Cegah Masyarakat Mudik

Honda HR-V 1.5L E Special Edition Honda HR-V 1.5L E Special Edition

Sementara mesin hybrid Yaris mengusung kapasitas 1.500 cc dengan kode M15A-FXE yang memiliki daya 91 ps dan torsi 119 Nm.

Dapur pacu itu dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 80 ps dan torsi 142 Nm di depan, serta motor listrik dengan tenaga 5,3 ps dan torsi 51,3 Nm di belakang.

Tenaga dari mesin tersebut disalurkan pada keempat rodanya melalui sistem penggerak E-Four, dengan transmisi direct shift CVT.

Baca juga: Banting Harga, Diskon Fortuner Tembus Rp 100 Juta, Innova Rp 70 Juta

Suzuki S-Cross terbaru.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Suzuki S-Cross terbaru.

Di atas kertas, luapan tenaga Yaris Cross bakal menyamai Honda HR-V yang dijual di Indonesia. Dari data spesifikasinya, HR-V mengusung mesin 1.500 cc 4-silinder i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 ps dan torsi 145 Nm.

HR-V mengusung penggerak roda depan, dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan manual 6-percepatan.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Suzuki S-Cross, mobil ini menggunakan dapur pacu M15A DOHC VVT dengan kapasitas 1.500 cc.

Baca juga: Resmi, Toyota Luncurkan SUV Baru Bernama Yaris Cross

Ilustrasi perbandingan ukuran Suzuki SX-4 S-Cross dengan Honda HR-VKOMPAS.com/Dio Ilustrasi perbandingan ukuran Suzuki SX-4 S-Cross dengan Honda HR-V

Daya yang dihasilkan sekitar 109 ps dan torsi 138 Nm, artinya jadi yang paling kecil jika dibandingkan dengan Yaris Cross dan HR-V

Mesin S-Cross menyalurkan tenaga pada kedua roda depannya, dan dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis 6-percepatan atau manual 5-percepatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X