Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Tepat Mengganti Air Radiator Mobil?

Kompas.com - 24/04/2020, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini interval penggunaan kendaraan bermotor relatif berkurang, seiring dengan pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah guna menekan risiko penyebaran virus corona alias Covid-19.

Meski demikian, beberapa bagian pada mobil patut diperhatikan karena memiliki waktu pergantiannya masing-masing. Bahkan, ada komponen yang malah jadi kurang optimal karena kendaraan selalu diam di garasi.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi menyebut, salah satunya ialah air radiator. Pasalnya, bagian krusial ini kerap disepelekan pemilik mobil.

Baca juga: Tips Panaskan Mobil Saat WFH Tanpa Boros Bahan Bakar

Periksa kondisi oli mesin dan air radiatorGhulam Muhammad Nayazri/Otomania Periksa kondisi oli mesin dan air radiator

"Terlebih di saat PSBB ini. Terkait masalah yang kerap sering muncul yang disebabkan radiator itu overheat. Itu dikarenakan ada kebocoran," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti air radiator pada mobil? 

"Biasanya setiap 20.000 kilometer, atau bisa juga saat airnya sudah terlihat keruh karena jarang digunakan. Supaya aman, setiap servis berkala minta dilakukan pengecekan kembali saja," ujarnya.

Hal serupa diucapkan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) pada kesempatan terpisah.

Baca juga: Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi

Ilustrasi mengganti air radiatorSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti air radiator

"Ganti air radiator sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah, tapi harus ada beberapa hal yang diperhatikan seperti pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin atau sebelum mobil digunakan," kata dia.

Caranya, cukup buka tutup lubang bagian atas dan buka baut pembuangan radiator yang ada di bagian bawahnya. Isi air radiator dengan cairan pendingin, jangan lupa gunakan ember untuk menampung air.

Periksa juga cairan di cadangannya dan pastikan tidak ada terjadi kebocoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com