Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini interval penggunaan kendaraan bermotor relatif berkurang, seiring dengan pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah guna menekan risiko penyebaran virus corona alias Covid-19.

Meski demikian, beberapa bagian pada mobil patut diperhatikan karena memiliki waktu pergantiannya masing-masing. Bahkan, ada komponen yang malah jadi kurang optimal karena kendaraan selalu diam di garasi.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi menyebut, salah satunya ialah air radiator. Pasalnya, bagian krusial ini kerap disepelekan pemilik mobil.

Baca juga: Tips Panaskan Mobil Saat WFH Tanpa Boros Bahan Bakar

Periksa kondisi oli mesin dan air radiatorGhulam Muhammad Nayazri/Otomania Periksa kondisi oli mesin dan air radiator

"Terlebih di saat PSBB ini. Terkait masalah yang kerap sering muncul yang disebabkan radiator itu overheat. Itu dikarenakan ada kebocoran," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti air radiator pada mobil? 

"Biasanya setiap 20.000 kilometer, atau bisa juga saat airnya sudah terlihat keruh karena jarang digunakan. Supaya aman, setiap servis berkala minta dilakukan pengecekan kembali saja," ujarnya.

Hal serupa diucapkan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) pada kesempatan terpisah.

Baca juga: Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi

Ilustrasi mengganti air radiatorSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti air radiator

"Ganti air radiator sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah, tapi harus ada beberapa hal yang diperhatikan seperti pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin atau sebelum mobil digunakan," kata dia.

Caranya, cukup buka tutup lubang bagian atas dan buka baut pembuangan radiator yang ada di bagian bawahnya. Isi air radiator dengan cairan pendingin, jangan lupa gunakan ember untuk menampung air.

Periksa juga cairan di cadangannya dan pastikan tidak ada terjadi kebocoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.