PSBB Bikin Klaim Asuransi Mobil Melandai

Kompas.com - 24/04/2020, 07:22 WIB
Kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Pemerintah telah resmi menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYKendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Pemerintah telah resmi menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

 

JAKARTA, KOMPAS.com – DKI Jakarta sudah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10 April 2020. Setelahnya, wilayah Jawa Barat dan Banten pun ikut menyusul.

Dengan berlakunya aturan tersebut, kepadatan jalan cenderung berkurang. Sebab hanya sebagian orang yang diperbolehkan tetap beraktivitas di luar rumah.

Laurentius Iwan Pranoto, SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, mengatakan, kondisi jalan yang sepi membuat klaim asuransi pada masa PSBB cenderung menurun.

Baca juga: Resmi, Toyota Luncurkan SUV Baru Bernama Yaris Cross

 

Ilustrasi klaim asuransi.Istimewa Ilustrasi klaim asuransi.

Meski begitu, tak berarti perusahaan asuransi kendaraan tak mendapatkan klaim. Sebab menurut Iwan, risiko saat berkendara tidak bisa dihindari dan selalu ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Untuk saat ini klaim paling banyak, masih standar, yaitu parsial lost,” ujar Iwan, dalam video konferensi (23/4/2020).

“Contohnya seperti bodi menyerempet, bodi penyok, nabrak sesuatu kena bumper, dan sebagainya,” katanya.

Baca juga: Simak Daftar Diskon Mobil Baru, Sienta Diskon Rp 80 Juta

 

Petugas menyelesaikan perbaikan mobil  BMW yang rusak akibat terendam banjir Jabodetabek di bengkel Astra BMW Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020). Pasca banjir yang melanda kawasan tersebut pada 1-3 Januari, sekitar 22 mobil masuk untuk diperbaiki.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Petugas menyelesaikan perbaikan mobil BMW yang rusak akibat terendam banjir Jabodetabek di bengkel Astra BMW Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020). Pasca banjir yang melanda kawasan tersebut pada 1-3 Januari, sekitar 22 mobil masuk untuk diperbaiki.

Iwan menambahkan, pada periode Maret-April 2020, tidak ada jenis klaim yang khusus. Sebab semenjak itu banyak konsumen sudah menerapkan physical distancing dan work from home (WFH).

Hal ini membuat pemakaian kendaraan jadi lebih sedikit, orang justru lebih sering berada di rumah lantaran tidak berangkat ke tempat dia beraktivitas.

“Kalau sekarang standar, kecelakaan biasa saja, tidak ada yang khusus. Kalau Januari sampai Februari lalu, itu kebanyakan perbaikan karena banjir,” ucap Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.