Ingat, Pakai Bull Bar pada Kendaraan Harian Malah Bisa Berbahaya

Kompas.com - 23/04/2020, 12:22 WIB
pikap kabin ganda jip gridotopikap kabin ganda

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi kendaraan memang sepenuhnya menjadi pilihan dari pemilik kendaraan. Misalnya, memasang bull bar atau bumper besi di depan untuk keperluan off-road memang berguna, namun jika dipakai untuk kendaraan harian, malah bisa berbahaya.

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, pemakaian bull bar pada sport utility vehicle (SUV) atau pikap kabin ganda alias double cabin (dcab) yang dipakai sehari-hari bisa pengaruh ke handling dan jarak pengereman.

“Kendaraan sehari-hari kan melewati jalan biasa atau tol dengan kecepatan tinggi, bull bar yang berat menambah beban pada suspensi, jadi handling kurang baik,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: Jadi Hanya Kendaraan dari Zona Merah yang Dilarang Mudik

pajero bull barKompas.com/Fathan Radityasani pajero bull bar

Jusri menjelaskan, dengan beban yang berat di bagian depan, mengemudi di atas 80 kpj saja sudah tidak nyaman rasanya. Selain itu, ketika melakukan rem mendadak, berat dari bull bar bisa membuat mobil kehilangan cengkraman ban depan, sehingga menyebabkan jarak pengereman semakin jauh dibanding standar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Penggunaan bull bar memang hanya untuk kendaraan off-road. Jika dipakai onroad, bisa berbahaya, bahkan kalau sampai menabrak, bisa semakin fatal hasilnya,” kata Jusri.

Baca juga: Mulai Berlaku Jumat, Ini Sanksi untuk yang Nekat Mudik

Dalam sisi keselamatan, bumper standar dari pabrikan sudah di desain untuk meredam tubrukan, sedangkan memakai bull bar yang terbuat dari besi malah memperparah dampaknya. Selain itu, untuk pemilik kendaraan bisa lebih rugi jika menggunakan bull bar untuk mobil harian.

Bull bar biasanya dipasang ke sasis, kelemahannya kalau tabrakan langsung berdampak ke sasisnya,” ucap Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor kepada Kompas.com.

Didi juga menambahkan, garansi dari pemasangan bull bar bisa hilang, tergantung dari suku cadang yang digaransi seperti komponen yang ada di sasis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.