Ubah Bak Belakang Dcab Jadi Bagasi yang Luas

Kompas.com - 23/04/2020, 12:02 WIB
Aksesoris pikap kabin ganda instagram/laksana_motorAksesoris pikap kabin ganda

JAKARTA, KOMPAS.comPikap kabin ganda atau double cabin (dcab) biasanya dibeli karena modelnya yang gagah. Selain itu, dcab bisa berfungsi seperti pikap, karena notabene kendaraan niaga, namun dilengkapi bangku baris kedua, jadi bisa membawa penumpang ekstra.

Namun, bagi orang yang menggunakan Dcab sebagai kendaraan harian, kepraktisan agak kurang. Tidak ada bagasi, hanya ada bak belakang. Jika menaruh barang setelah berbelanja di bak, bisa-bisa hilang ketika perjalanan pulang karena terbuka tanpa tutup.

Situasi ini bisa diubah, dengan menambahkan aksesoris yang bisa menambah kepraktisan dari dcab, yaitu penutup bak belakang atau deck cover. Jika biasanya pada kendaraan pikap memakai terpal, dcab menggunakan cover dengan bahan dari plastik atau dengan pegas hidrolik.

Baca juga: Banting Harga, Diskon Fortuner Tembus Rp 100 Juta, Innova Rp 70 Juta

Aksesoris pikap kabin gandainstagram/laksana_motor Aksesoris pikap kabin ganda

Ivan Arif, pemilik dari bengkel modifikasi mobil 4X4 Laksana Motor di Temanggung, Jawa Tengah, mengatakan, fungsinya sebagai penutup bak yang bisa dibuka seperti bagasi di kendaraan model lain.

Deck cover ini tinggal pasang saja, plug and play. Tersedia untuk semua model dcab juga, ada berbagai merek dari Thailand dan Australia,” kata Ivan kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: Aturan Berkendara Selama Masa PSBB Bandung Raya

Deck cover juga memiliki pengunci, jadi barang yang ditempatkan di bak belakang akan aman. Untuk modelnya ada berbagai macam, mulai dari yang terpal, geser, buka 45 derajat, hingga yang pakai sistem elektrik.

“Untuk harganya, untuk yang model biasa, yang buka 45 derajat berkisar Rp 18 jutaan. Paling murahnya yaitu Rp 4,9 juta, model terpal buatan Thailand,” ucap Ivan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X