Penyebab Skutik Terlalu Bergetar Sampai ke Setang

Kompas.com - 22/04/2020, 18:41 WIB
Ilustrasi motor Otomania/Setyo AdiIlustrasi motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah yang kerap timbul pada motor jenis skuter matik (skutik) adalah getaran berlebih ketika awal pengendaraan atau putaran mesin rendah.

Hal ini tentu akan membuat pengendara terganggu kenyamanannya. Pemilik pun jadi waspada karena takut akan merusak komponen lainnya.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, motor bergetar secara berlebih karena adanya masalah pada transmisi atau CVT.

Baca juga: Pahami Teknik Pengereman Motor Berdasarkan Tingkat Kecepatan

“CVT adalah salah satu komponen terpenting pada motor jenis skutik. Getaran akan begitu terasa ketika motor baru pertama kali di gas, bahkan hingga ke setang kemudi kalau bagian ini bermasalah,” ujar Endro kepada Kompas.com, belum lama ini.

Perawatan CVT pada motor matikIstimewa Perawatan CVT pada motor matik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 3 Lokasi Salah yang Jadi Favorit Pemotor Berteduh Saat Hujan

Masalah CVT ini bisa terjadi karena pengguna motor yang terlalu sering namun tidak melakukan perawatan secara rutin.

Endro melanjutkan, “Komponen yang berada di CVT itu banyak, mulai dari fan belt, weight set, clutch housing, CVT spring, CVT roller, dan lainya. Jadi harus di cek dahulu bagian mana yang bermasalah saat gejala itu keluar.”

Permasalahan yang paling sering dialami oleh pemilik skutik ialah pada bagian kampas kopling ganda atau weight set serta clutch housing yang sudah tipis atau haus.

“Disarankan memang tidak mengatasi permasalahan ini sendiri, melainkan diserahkan ke diler supaya dilakukan pengecekan menyeluruh. Jika sudah dua bagian itu bermasalah, pemilik kendaraan mau tidak mau harus melakukan pergantian komponen,” kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.