Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Lokasi Salah yang Jadi Favorit Pemotor Berteduh Saat Hujan

Kompas.com - 22/04/2020, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemotor sebaiknya selalu membekali dirinya dengan jas hujan, mengingat cuaca yang saat ini sulit untuk diprediksi. Meski begitu, nyatanya masih banyak yang malas membawa jas ujan hingga menerapkan sistem stop and go alias berteduh.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, kebiasaan tidak membawa jas hujan kemudian berteduh di sembarang tempat merupakan tindakan yang kurang bertanggung jawab.

“Dari perspektif safety riding, jelas perilaku tersebut (berhenti di jalan) tidak aman dan bisa dikatakan tidak bertanggung jawab,” ujar Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Meski demikian, Jusri mengatakan, untuk beberapa kondisi, pemotor sebaiknya memang berteduh jika hujan yang turun sangat deras dan disertai angin. Sebab, dikhawatirkan justru berbahaya bagi keselamatan.

Tapi, ada tiga lokasi favorit untuk berteduh dari hujan yang justru salah, yaitu underpass atau terowongan, kolong jembatan, dan pinggir jalan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mendeteksi Kerusakan Power Steering

Jusri mengatakan, pada dasarnya banyak orang sudah tahu bahwa dilarang menggunakan underpass dan kolong jembatan untuk berteduh karena mengganggu kelancaran lalu lintas. Selain itu, ada bahaya juga berteduh di tempat tersebut.

“Bayangkan bila ada mobil yang melintas kencang tanpa mengetahui puluhan motor yang berteduh di sana karena memang tempat tersebut bukan untuk berteduh,” kata Jusri.

Ilustrasi sejumlah pengguna jalan yang berteduh di tempat yang aman saat hujan.otosena.com Ilustrasi sejumlah pengguna jalan yang berteduh di tempat yang aman saat hujan.

Baca juga: Bahaya Vapor Lock yang Bisa Membuat Rem Mobil Blong

Berteduh dengan minggir ke pinggir jalan, juga tidak membuat pemotor kering karena tempatnya kecil sehingga beberapa bagian, terutama kaki dan sepatu masih basah.

Jusri menyarankan para pemotor sebaiknya mencari lokasi yang aman bila ingin berteduh. Aman yang dimaksud bukan hanya terhindar dari guyuran hujan, melainkan juga mementingkan segi keselamatan, baik bagi dirinya maupun pengguna jalan lain.

Contoh di halte, atau tempat yang tidak mengganggu lalu lintas. Selain itu, juga memperhatikan kondisi lokasi saat berteduh, karena saat hujan deras dan angin kencang bisa berpotensi membuat pohon tumbang.

“Setiap pengendara motor harus memiliki manajemen perjalanan yang terencana, mulai dari motor, fisik, dan juga perlengkapan lain, termasuk jas hujan,” ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com