Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Plus Minus Beli Tiket Bus Online, Bisa Dapat Promo

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemesanan tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) pada saat ini bisa dilakukan dengan cara online, tidak perlu pergi ke agen bus beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan.

Dimas Raditya, anggota dari Forum Bismania Indonesia, mengatakan, membeli tiket bus dengan online memiliki banyak keuntungan. Apalagi untuk orang yang memiliki aktivitas lain sehingga tidak bisa membeli langsung ke agen atau terminal.

“Membeli tiket bus dengan online memiliki proses yang mudah dan simpel, cocok untuk orang yang sibuk dan ingin praktis. Lalu bisa juga dapat promo dari aplikasinya,” kata Dimas kepada Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Perusahaan Otobus (PO) juga sudah banyak yang melakukan kerjasama dengan aplikasi pemesanan tiket bus online. Seperti yang dilakukan PO Harapan Jaya yang bekerja sama dengan easybook dan redbus. Jika membeli lewat aplikasi tersebut, bisa mendapatkan potongan harga tiket.

Namun dibalik keuntungannya, terdapat kekurangan ketika beli tiket bus online. Seperti bagi orang yang tidak biasa menggunakan pembayaran elektronik, akan mengalami kesulitan.

Lalu ada beberapa PO bus yang tidak menyediakan memilih posisi tempat duduk, jika membeli via online. Posisi bangku penumpang baru bisa diketahui ketika menukar bukti pembayaran dengan tiket fisik, semacam proses boarding ketika naik pesawat.

Memang bagi orang yang sudah terbiasa dengan pembayaran online, tidak akan masalah dengan cara digital. Selain itu untuk orang yang awam, juga tidak terlalu mementingkan posisi duduk ketika bepergian.

Penggemar bus biasanya ingin memilih posisi tempat duduk, agar bisa menikmati perjalanan. Selain itu, beberapa penggemar bus juga senang dalam mengoleksi tiket bus dengan desain fisik yang keren dan hanya bisa didapatkan jika membeli di agen resmi atau kantor perwakilan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/21/082200515/plus-minus-beli-tiket-bus-online-bisa-dapat-promo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke