Kiprah BMW M di MotoGP, Bukan Sekadar Mobil Penjaga

Kompas.com - 20/04/2020, 16:45 WIB
BMW sudah bekerja sama dengan MotoGP selama lebih dari dua dekade MotoGPBMW sudah bekerja sama dengan MotoGP selama lebih dari dua dekade

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang tahun 2000, tepatnya 1999, Valentino Rossi berhasil meraih gelar juara dunia 250 cc. Tahun yang sama juga menjadi penanda kerja sama antara Dorna dengan BMW.

Sejak tahun 1999 hingga sekarang, jajaran safety car di MotoGP selalu mengandalkan BMW. Selama lebih dari dua dekade, BMW sudah menemani para pebalap di tiap serinya yang digelar di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Apa sih Fungsi Safety Car MotoGP?

BMW juga secara konsisten memperkenalkan ide-ide inovatifnya terhadap MotoGP. Dukungan BMW yang menjadi safety car menjadikan tingkat keamanan di kejuaraan balap paling bergengsi ini semakin baik.

Safety Car MotoGP Foto: Box Repsol Safety Car MotoGP

Selain bertugas sebagai safety car, sejak 2003, BMW juga senantiasa memberikan penghargaan bagi pebalap yang menyelesaikan satu musim dengan hasil kualifikasi terbaik. Penghargaan ini disebut dengan BMW M Award.

Sejauh ini, baru ada enam pebalap yang dianugerahi BMW M Award. Keenam pebalap tersebut, antara lain Valentino Rossi, Sete Gibernau, Nicky Hayden, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

Pada tahun 2006, BMW pun menjadi mobil resmi dari MotoGP. Berlanjut ke tahun 2009, BMW juga memanfaatkan MotoGP untuk pertama kalinya sebagai ajang untuk memperkenalkan produk terbaru mereka, yaitu BMW X6 M yang dijadikan sebagai Safety Car.

Baca juga: MotoGP Siapkan Opsi Balapan Tertutup Tanpa Penonton

Sejak tahun 2010, BMW M Motorhome menjadi tempat permanen di antara paddock pebalap di semua seri MotoGP yang digelar di Eropa. Di sana, para pengunjung bisa melihat dan mencari lebih banyak informasi tentang produk-produk BMW.

Kerja sama antara BMW dengan MotoGP semakin berkembang. Terutama ketika Loris Capirossi pensiun dari MotoGP.

Pebalap asal Italia yang merupakan juara dunia tiga kali dan sekaligus menjabat sebagai konsultan keamanan Dorna akhirnya bergabung dengan BMW M MotoGP Experts.

Capirossi berhasil mengenalkan program-program insentif, seperti BMW M MotoGP Experience.

BMW sudah bekerja sama dengan MotoGP selama lebih dari dua dekadeMotoGP BMW sudah bekerja sama dengan MotoGP selama lebih dari dua dekade

Tahun 2013 menjadi tahun yang spesial bagi BMW dan MotoGP l. Untuk merayakan 15 tahun kerja sama BMW M dengan MotoGP, BMW M6 Gran Coupe diluncurkan pertama kalinya depan publik, tepatnya di sirkuit Losail, Qatar.

Mobil ini pernah menjadi ujung tombak dari Safety Car MotoGP.

Lalu, untuk menandakan 20 tahun kerja sama BMW dengan MotoGP, hadirlah BMW M8 menjadi safety car terbaru. Mobil ini menggantikan BMW M5 yang bertugas sebagai safety car di musim 2018.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X