Kabar Suzuki Jimny Diproduksi India, Loyalis Harap Pangkas Inden

Kompas.com - 17/04/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi Suzuki Jimny di pasar mobil bekas OLXIlustrasi Suzuki Jimny di pasar mobil bekas

JAKARTA, KOMPAS.com – Maruti Suzuki di India telah mengumumkan jadi basis produksi Jimny selain Jepang. Kabarnya, bakal ada Jimny model 3 pintu dan 5 pintu yang akan diproduksi di sana.

Seperti yang dilaporkan Autocar India, Jimny 5 pintu bakal mengusung mesin K15B yang sama dengan Ertiga, XL7, maupun Carry. Namun dari segi dimensi akan lebih panjang dari model Jimny standar.

Maruti Suzuki rencananya akan memproduksi Jimny 3 pintu di pabrik Hansalpur, Gujarat, India, sekitar Juni 2020. Sementara Jimny 5 pintu yang masih dalam tahap pengembangan, akan dimulai sekitar akhir 2020.

Baca juga: Selama PSBB, Ojol di Kota Ini Tak Boleh Angkut Penumpang

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

Produksi Jimny di India tentu akan menambah kapasitas produksi secara keseluruhan. Seperti diketahui, sampai sekarang Jimny hanya diproduksi di Jepang untuk memenuhi kebutuhan dunia.

Julian Johan alias Jeje, Founder komunitas JB74.ID yang menaungi pecinta Jimny generasi keempat di Indonesia, mengatakan, kabar tersebut tentu jadi angin segar bagi konsumen Jimny.

Pasalnya, sampai hari ini inden Jimny masih mengular hingga tahunan. Dengan dibuatnya basis produksi baru, artinya bakal menambah suplai Jimny di dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: PSBB Bogor, Akses ke Puncak Ternyata Tidak Ditutup tapi Dijaga Ketat

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

“Mendengar kabar tersebut kami senang, karena suplai bisa lebih banyak. Artinya inden bisa lebih cepat,” kata Jeje, kepada Kompas.com (16/4/2020).

Apalagi menurut Jeje, penyuka Jimny tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hal ini terlihat dari anggota member JB74.ID yang berasal dari berbagai kawasan di Tanah Air.

“Populasi secara menyeluruh kami belum ada datanya, tapi yang sudah terdaftar di komunitas sudah ada ratusan unit,” ucap Jeje.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.