Mobil Terparkir Lama Saat PSBB, Perlukah Pakai Rem Tangan?

Kompas.com - 14/04/2020, 14:21 WIB
Pengunaan rem tangan Stanly/OtomaniaPengunaan rem tangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, salah satunya adalah tetap berada di rumah.

Kondisi ini membuat kendaraan jarang digunakan dan lebih banyak diparkir di garasi.

Ketika mobil diparkir dalam waktu yang cukup lama, ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk menahan mobil agar tidak bergerak, salah satunya adalah hand brake atau rem tangan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyarankan untuk tetap menggunakan rem tangan saat memarkir kendaraan di permukaan jalan yang rata demi keamanan.

Baca juga: Ban pada Mobil yang Parkir Lama Perlu Isi Nitrogen?

Ilustrasi parkir.Thinkstock Ilustrasi parkir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Penggunaan rem tangan sebenarnya lebih ke faktor safety (keamanan), jadi sebaiknya tetap digunakan. Walaupun kendaraan diparkir dalam waktu yang lama, tidak akan merusak komponen mobil,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cara Aman Ganti Ban Mobil Sendiri di Tengah PSBB

Didi menambahkan, mobil yang kembali digunakan setelah terparkir cukup lama menggunakan rem tangan biasanya memang mengeluarkan suara yang aneh. Namun, itu normal dan akan hilang dengan sendirinya.

“Biasanya terjadi setelah mobil dicuci, bunyinya memang agak keras. Penyebabnya, mobil yang tidak dipakai lama akan membuat rem menjadi lengket karena karat di drum brake atau disc brake. Tidak apa-apa paksa saja masuk gigi,” kata Didi.

Didi menegaskan, penggunaan rem tangan saat parkir memang sudah menjadi aturan keselamatan bagi para pengguna mobil. Bukan hanya untuk mobil matik, melainkan untuk mobil yang bertransmisi manual juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.