Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ide Gila Nmax Disulap Jadi Jetski, Bisa Jalan di Atas Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berinovasi membuat motor kawin silang antara Yamaha Nmax dan Honda Grand, Kepala Jenggot kembali menelurkan ide yang brilian, yaitu Nmax yang disulap jadi jetski.

Skutik bongsor termasuk Nmax memang sering disebut "jetski," tapi Nmax dari kanal Youtube Bapak Mustofa Kepala Jenggot ini merupakan jetski secara harafiah yaitu bisa dipakai di air alias mengapung.

Mustofa Kepala Jenggot merupakan konten kreator asal Jawa Timur. Keunggulan sekaligus keunikakannya yaitu kerap memodifikasi tunggangannya dengan ciri khas yang berbeda dari umumnya.

Dalam video yang diunggah pada 8 April 2020, terlihat Nmax yang diubah ala jetski agar bisa berjalan di atas air. Tentu saja, banyak ubahan yang dilakukan agar konsep jetski ini terlaksana.

Paling utama ialah ubahan bagian mesin. Jantung utama Nmax berserta CVT digusur, gantinya dibenamkan mesin giling tepung. Lengkap dengan knalpot yang dibuat tinggi agar tidak kemasukan air.

Dudukan shockbreaker belakang menjadi tempat pegangan pipa paralon. Pipa yang dibuat bentuk ''U'' mengelilingi motor itu bertujuan sebagai ''pelampung'' agar motor bisa mengambang di atas air.

Dalam video berdurasi 13 menitan tersebut, skutik jetski itu berhasil melalui sejumlah pengujian. Mulai dari tes apung dan kemampuan berjalan di atas air, bahkan sempat dipakai berboncengan.

Meski dianggap berhasil, Mustofa mengatakan bahwa motornya masih akan terus disempurnakan. Salah satunya di bagian kemudi agar motor bisa lebih mudah dikendalikan dia atas air.

"Jadi eksperimen kali ini lumayan, tapi kurang laju, mesinnya powernya kurang gede dan kemudinya kurang sempurna. Kalau jetski itu powernya harus gede, jadi nanti kita ganti mesinnya. Tapi kekuatan pelampungnya oke," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/13/134100815/ide-gila-nmax-disulap-jadi-jetski-bisa-jalan-di-atas-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke