Evaluasi PSBB, 90 Persen Pengguna Motor Tak Pakai Sarung Tangan

Kompas.com - 12/04/2020, 08:02 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Polda metro Jaya bersama petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, melakukan pemeriksaan kepada pengguna kendaraan di 33 checkpoint sejak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Jumat (10/4/2020).

Berdasarkan hasil evaluasi hari pertama PSBB, diketahui masih banyak pengendara yang belum mengetahui adanya aturan tersebut.

Tidak hanya itu, sebagian besar pengendara sepeda motor juga belum mengenakan sarung tangan yang sudah diatur dalam Pergub nomor 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB tersebut.

Baca juga: Jakarta Terapkan PSBB, Polres di Jateng Ajak Pengendara Pakai Masker

Sebagaimana dilansir dari NTMC Polri, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sebagian pengendara belum mengetahui detail aturan PSBB.

Petugas dari Satlantas Polres Karanganyar memakaikan masker kepada pengendara sepeda motor.doc satlantas polres karanganyar Petugas dari Satlantas Polres Karanganyar memakaikan masker kepada pengendara sepeda motor.

“Dalam pergub itu diatur juga wajib menggunakan sarung tangan. Memang 90 persen belum menggunakan,” ujar Sambodo, Jumat (10/4/2020).

Sementara itu, Sambodo menambahkan, pelanggaran tidak menggunakan masker saat berkendara relatif lebih rendah dibandingkan penggunaan sarung tangan.

Padahal, sosialisasi pemerintah tentang penggunaan masker saat keluar rumah sudah dilakukan sejak lama.

Baca juga: Saat PSBB Jakarta, Polisi Lakukan Ini kepada Penumpang Mobil yang Melanggar

“Evaluasi dari 33 check point memang khusus untuk aturan penggunaan masker 80 persen sudah memahami,” ucapnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, bahwa masih banyak pengendara sepeda motor yang sengaja enggan mengikuti aturan yang berlaku.

Petugas kepolisian menghalau pengendara motor yang akan masuk ke Jakarta karena tidak mengenakan masker saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Tangerang Selatan dengan DKI Jakarta, Sabtu (11/4/2020). Pada hari kedua pelaksanaan penerapan PSBB masih banyak pengendara yang melanggar aturan dimana masih ada yang tidak mengenakan masker, pembatasan duduk penumpang mobil serta jumlah penumpang mobil yang melebihi aturan.ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Petugas kepolisian menghalau pengendara motor yang akan masuk ke Jakarta karena tidak mengenakan masker saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Tangerang Selatan dengan DKI Jakarta, Sabtu (11/4/2020). Pada hari kedua pelaksanaan penerapan PSBB masih banyak pengendara yang melanggar aturan dimana masih ada yang tidak mengenakan masker, pembatasan duduk penumpang mobil serta jumlah penumpang mobil yang melebihi aturan.

Seperti tidak menggunakan masker saat berkendara, padahal pengendara tersebut diketahui memiliki dan membawa masker.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.