Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bekas 2-Tak yang Sering Jadi Bahan Modifikasi

Kompas.com - 08/04/2020, 11:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas sepeda motor 2-tak seakan tidak pernah redup. Padahal, motor dengan mesin dua langkah ini sudah lama tidak diproduksi dan dipasarkan lagi di Indonesia.

Di pasar motor bekas, keberadaan motor 2-tak masih jadi perhatian tersendiri. Hanya saja ketersediaan unit yang terbatas membuat eksistensinya seakan-akan sudah hilang.

"Benar, ketersediaan unit motor 2-tak itu terbatas di showroom. Biasanya mereka langsung jual perorangan baik lewat online maupun teman-teman bengkelnya. Tapi peminatnya masih oke," kata Ridwan Effendy dari NAM Motor kepada Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: 5 Motor Bekas Rp 10 Jutaan yang Cocok Dimodifikasi Scrambler

Yamaha RX-King yang sudah diubah menjadi motor custom bergaya scramblerreview.bukalapak.com Yamaha RX-King yang sudah diubah menjadi motor custom bergaya scrambler

Menurut dia, salah satu alasan motor 2-tak tetap mendapat atensi adalah sensasi berkendara dan model yang ikonik. Kemudian, motor juga masih mumpuni untuk dimodifikasi atau peremajaan.

Hal ini dilakukan supaya motor kembali bisa digunakan dengan nyaman dan aman, serta memastikan ketersediaan komponennya.

"Biasanya motor yang sering dimodifikasi itu seperti RX-King, Ninja R, dan Ninja RR. Itu masih banyak yang cari entah untuk bahan modifikasi atau motornya mau diremajakan," kata Ridwan.

Baca juga: Daftar Motor Bekas 2-Tak Murah, Ada RX-King Hingga Ninja R 150

Ilustrasi motor bekas Suzuki Satria HiuGridOto.com Ilustrasi motor bekas Suzuki Satria Hiu

Model lainnya, adalah Suzuki Satria 120R "lumba-lumba" dan Suzuki Satria RU 120 "hiu" yang sempat ramai di kalangan anak muda era 2000-an.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kisaran harga motor bekas 2-tak:

Yamaha F1ZR 2004: Rp 8 juta
Yamaha RX-King 1992-2002: Rp 10 juta
Suzuki Satria 120R (2003): Rp 9 juta
Suzuki Satria RU 120 (2004): Rp 12 juta
Kawasaki Ninja R 150 (2010): Rp 15 juta
Kawasaki Ninja RR 150 (2015): Rp 30 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com