Jakarta Terapkan PSBB, Bagaimana Operasional Layanan SIM?

Kompas.com - 08/04/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi : Petugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi : Petugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.comGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) akan diterapkan selama 14 hari, dimulai Jumat (10/4/2020).

Kebijakan ini bakal meliburkan instansi pemerintah maupun swasta, kecuali instansi yang memberikan pelayanan terkait kebutuhan dasar.

Mulai dari pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, logistik, dan sebagainya.

Baca juga: Pemerintah Susun Aturan Mudik, Mobil Pribadi Dibatasi Penumpangnnya

Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.Istimewa Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.

Lantas, bagaimana dengan pelayanan penerbitan SIM baru, SIM hilang, dan SIM rusak yang biasa dibuka di beberapa lokasi?

Kasi Sim Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara mengatakan, belum ada keputusan perihal operasional Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM saat kebijakan PSBB berlaku.

“Mengenai PSBB kami menunggu arahan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya,” ucap Hedwin, kepada Kompas.com (7/4/2020).

Baca juga: Apa Benar Oli Bisa Bikin Retak Halus di Mika Speedometer Hilang?

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Menurutnya, sampai saat ini Satpas SIM masih beroperasi namun berstatus siaga corona, dengan melakukan berbagai upaya pencegahan menghadapi penyebaran Covid-19.

“Waktu operasional untuk saat ini Senin sampai Jumat pukul 08.00-13.00 WIB, dan Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB,” kata Hedwin.

Oleh sebab itu, untuk sementara ini hanya Satpas di jajaran Polda Metro Jaya saja yang tetap dibuka, khususnya untuk melayani penerbitan SIM baru, SIM hilang, dan SIM rusak.

Sedangkan untuk Gerai SIM yang berada di mal dan Unit SIM Keliling ditutup, atau tidak melaksanakan proses mekanisme layanan SIM.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X