Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Terapkan PSBB, Bagaimana Operasional Layanan SIM?

Kompas.com - 08/04/2020, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan diterapkan selama 14 hari, dimulai Jumat (10/4/2020).

Kebijakan ini bakal meliburkan instansi pemerintah maupun swasta, kecuali instansi yang memberikan pelayanan terkait kebutuhan dasar.

Mulai dari pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, logistik, dan sebagainya.

Baca juga: Pemerintah Susun Aturan Mudik, Mobil Pribadi Dibatasi Penumpangnnya

Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.Istimewa Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.

Lantas, bagaimana dengan pelayanan penerbitan SIM baru, SIM hilang, dan SIM rusak yang biasa dibuka di beberapa lokasi?

Kasi Sim Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara mengatakan, belum ada keputusan perihal operasional Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM saat kebijakan PSBB berlaku.

“Mengenai PSBB kami menunggu arahan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya,” ucap Hedwin, kepada Kompas.com (7/4/2020).

Baca juga: Apa Benar Oli Bisa Bikin Retak Halus di Mika Speedometer Hilang?

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Menurutnya, sampai saat ini Satpas SIM masih beroperasi namun berstatus siaga corona, dengan melakukan berbagai upaya pencegahan menghadapi penyebaran Covid-19.

“Waktu operasional untuk saat ini Senin sampai Jumat pukul 08.00-13.00 WIB, dan Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB,” kata Hedwin.

Oleh sebab itu, untuk sementara ini hanya Satpas di jajaran Polda Metro Jaya saja yang tetap dibuka, khususnya untuk melayani penerbitan SIM baru, SIM hilang, dan SIM rusak.

Sedangkan untuk Gerai SIM yang berada di mal dan Unit SIM Keliling ditutup, atau tidak melaksanakan proses mekanisme layanan SIM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com