Pandemi Covid-19, Pabrik Kawasaki Indonesia Masih Terus Produksi

Kompas.com - 06/04/2020, 11:49 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi covid-19 atau virus corona, Kawasaki Indonesia tetap melakukan produksi sepeda motor seperti biasa, untuk model yang dibuat atau dirakit (CKD) di Indonesia.

Sucipto Wijono, Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, pihaknya hanya mengurangi waktu kerja atau shiffting.

Baca juga: Kawasaki ER-6n Cafe Racer, Inspirasi dari Anjing Pitbull

"Sampai saat ini masih jalan, kami tergantung pemerintah. Kami pakai shiffting, dikurangi, karena kan suplai komponen, semuanya pasti kalau dilihat general turun, karena kan beberapa supplier juga turun," kata Cipto kepada Kompas.com, Senin (6/4/2020).

Ninja SL Mono Foto: Motorplus Ninja SL Mono

Cipto mengatakan, saat ini pabrik di Cikarang, Jawa Barat, masih memproduksi model-model yang menjadi andalan di Indonesia seperti Ninja, KLX-Series dan W175-Series.

"Untuk model-model yang CKD kita masih menunggu Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Sedangkan yang CBU seperti W800, W250, Z900 impor Thailand, walau pabrik di Thailand juga berhenti tapi sebelum dia berenti kita udah order, jadi balik ke kuota impor," katanya.

Baca juga: Intip Detail Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 4-Silinder Versi Balap

Pabrik Kawasaki Indonesia berada di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik mulai diresmikan pada April 2014. Memiliki luas 44.000 meter persegi, pabrik ini merupakan pabrik Kawasaki terbesar ketiga setelah Jepang dan Thailand.

Pabrik di Indonesia mampu memproduksi 150.000 unit sepanjang tahun dengan tenaga kerja mencapai 1.600 orang. Memiliki fasilitas pengelasan, pengecatan, permesinan, perakitan mesin dan fasilias pengujian.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.