Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Mobil?

Kompas.com - 06/04/2020, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak rem mobil memiliki peran yang begitu penting untuk melumasi komponen dari sistem pengereman. Oleh sebab itu harus dirawat dengan benar, untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

Lantas, bagaimana cara merawat komponen tersebut? Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, sebaiknya minyak rem diganti setiap 2 tahun sekali.

“Jika tidak, akan menurunkan perfoma dari minyak rem tersebut,” ujar Bambang saat dihubungi oleh Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Butuh GPS Ketimbang Pria Saat Mengemudi?

Bambang melanjutkan, apabila lebih dari dua tahun kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. Dalam waktu dua tahun saja sudah sekitar dua hingga tiga persen kandungan air yang dihasilkan di dalamnya.

“Uap air akan timbul karena pemakaian, kalau semakin banyak air maka titik didihnya juga akan terus turun,” kata Bambang.

Ilustrasi Rem blong Ilustrasi Rem blong

Sementara itu, menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, sebaiknya dilakukan berdasarkan jadwal servis berkala, yaitu setiap 40.000 km atau dua tahun.

Baca juga: Siapa yang Harus Mengalah Saat di Jalan, Pemotor atau Pengemudi Mobil?

Didi menjelaskan, jangan dianggap ringan karena minyak rem itu sendiri menyerap air dari kelembapan udara dan bisa menyebabkan titik didih dari cairan tersebut menurun.

“Titik didih rendah dapat menyebabkan rem blong, karena minyak rem mendidih. Ini terjadi karena panas dari kaliper diteruskan ke minyak rem,” ujar Didi kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Minggu (05/04/2020).

Selain itu agar perangkat rem bisa bekerja lebih maksimal, disarankan untuk melakukan servis secara menyeluruh, termaksuk membersihkan, memeriksa bagian piston, kaliber, dan karet. Pastikan juga melakukan perawatan ini dilakukan oleh mekanik profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com