Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Retak Halus, Begini Cara Aman Merawat Ban Mobil saat WFH

Kompas.com - 02/04/2020, 18:03 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mengisi waktu luang karena seruan social distancing sampai kampanye kerja dari rumah alias work from home (WFH), salah satu yang bermanfaat untuk dilakukan adalah merawat mobil kesayangan.

Mobil yang dirawat dengan baik, akan terjaga kondisinya dan selalu siap jika ingin digunakan setiap saat. Dari sekian banyak komponen, ban merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan.

Ketika mobil jarang digunakan, masalah umum yang terjadi biasanya ban akan kekurangan tekanan angin.

Baca juga: Kenali Risiko Mobil yang Sering Parkir di Bawah Terik Matahari

TWI ban mobilFathan TWI ban mobil

Zulpata Zainal, PG – On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, kondisi ini jika dibiarkan terus-menerus dapat merusak dinding ban.

“Apalagi kalau sampai kempis dan dibiarkan begitu saja, dapat merusak dinding ban. Kalau dinding ban sampai memiliki celah atau retak halus, bisa jadi pemicu pecah ban saat dibawa berkendara,” ujar Zulpata, kepada Kompas.com (2/4/2020).

Selain itu, kondisi retak halus pada dinding ban juga dipicu karena penggunaan semir ban. Biasanya bahan kimia yang dipakai untuk mengkilapkan ban mengandung zat yang berbahaya, terutama dari merek yang tidak jelas.

Baca juga: Bukan Gratis Setahun, Ini Bentuk Relaksasi Kredit dari FIF Group

Semir banwww.auto-swiat.pl Semir ban

“Sebetulnya untuk membersihkan ban, saat mencuci cukup disikat pakai sabun. Efeknya memang tidak membuat kilap seperti semir ban, tapi bersih dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya,” kata Zulpata.

Zulpata menyarankan, kalau sampai menggunakan semir ban, gunakan merek yang memakai bahan water based. Hal ini digunakan untuk meminimalisir retaknya dinding ban.

Semir ban hanya dipakai untuk dinding ban saja. Jangan gunakan di bagian telapak, nanti bisa mengurangi traksi ban karena licin,” ucap Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com