Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lupakan Pentingnya Rotasi Ban Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan dan dirawat oleh pemilik kendaraan. Pasalnya, kompenen ini memiliki fungsi vital pada kendaraan.

Kinerja ban yang harus memopang kendaraan dan menghasilkan trasksi optimal dengan permukaan aspal jadi krusial.

Mengingat fungsinya yang sangat vital, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengingatkan kepada pemilik mobil untuk melakukan rotasi pada ban.

“Rotasi pada ban sangat penting untuk dilakukan agar keausan ban merata pada seluruh posisi dikendaraan,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (02/04/2020).

“Pastinya untuk tingkat keausan ban tidak akan sama, karena fungsinya juga berbeda antara ban depan dan belakang. Ban depan berfungsi untuk mengarahkan kendaraan seperti berbelok dan jalan lurus, sedangkan ban belakang hanya mengikuti arah laju kendaraan saja,” kata Zulpata.

Zulpata melanjutkan, karena tingkat umur ban tidak sama, cara menyikapinya adalah dengan melakukan rotasi ban. Agar semua ban merasakan di posisi yang berbeda.

Adapun cara untuk melakukan rotasi ban, yaitu ban depan dan belakang dirotasi secara menyilang. Misal, ban depan sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban belakang sebelah kiri. Begitu juga pada ban belakang sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban depan sebelah kiri.

“Semakin sering dilakukan rotasi akan semakin baik, ini berpengaruh pada umur ban. Minimal 5.000 km atau lebih cepat,” ujar Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/03/110200715/jangan-lupakan-pentingnya-rotasi-ban-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke