Viral Video Penutupan Tol Jakarta Tangerang, Ini Penjelasan Jasa Marga

Kompas.com - 30/03/2020, 07:42 WIB
Gerbang Tol Karang Tengah, Senin (10/4/2017). Arimbi Ramadhiani/Kompas.comGerbang Tol Karang Tengah, Senin (10/4/2017).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain hoaks adanya penutupan beberapa ruas tol arah Jakarta, Minggu (29/3/2020), masyarakat juga dibingungkan mengenai foto dan video viral soal penutupan akses tol, baik untuk menuju maupun keluar Jakarta.

Diketahui, penutupan berlangsung di wilayah Gerbang Tol Karang Tengah Barat. Kabar tersebut pun menimbulkan persepsi di masyarakat bahwa Jakarta akan melakukan lockdown imbas meluasnya peredaran virus corona (Covid-19).

Terlebih lagi, sebelumnya ditambah adanya surat telegram kepolisian yang menyebutkan bakal melakukan simulasi terkait karantina wilayah dengan menutup beberapa akses keluar masuk Jakarta.

Baca juga: Polisi Simulasi Karantina Wilayah, Tutup Akses Jalan Keluar Masuk Jakarta

Menyikapi hal ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk pun akhirnya angkat bicara dan mengakui bahwa memang sempat ada penutupan yang dilakukan secara sementara.

"Kami jelaskan bahwa sempat dilakukan penutupan oleh kepolisian wilayah pada pukul 14.30 WIB selama 30 menit. Sejak pukul 14.58 WIB sudah dibuka kembali," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam keterangan resminya, Minggu (29/3/2020).

Heru menjelaskan, kondisi lalu lintas saat ini di akses Gerbang Tol Karang Tengah Barat atau Jalan Tol Jakarta- Tangerang, serta seluruh ruas lainnya yang dikelola Jasa Marga sudah beroperasi secara normal.

Baca juga: Produsen Otomotif di Indonesia Mau Bikin Ventilator untuk Pasien Corona?

Namun, ketika ditanya soal alasan penutupan tersebut, Heru enggan memberikan informasi lebih lanjut.

Jalur tol Tangerang-MerakDok. Humas Astra Infra Toll Tangerang-Merak Jalur tol Tangerang-Merak

"Informasinya itu dulu ya," kata dia.

Sebelumnya dia juga menjelaskan bahwa mengenai pembatasan pergerakan adalah wewenang pemerintah. Jasa Marga sebagai pihak operator transportasi jalan tol hanya bisa mendukung apa pun yang diputuskan pemerintah.

Transaksi Non-Tunai Ditiadakan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menutup fasilitas top up tunai di gerbang tol wilayah Jadebotabek mulai Kamis (19/3/2020).Jasa Marga PT Jasa Marga (Persero) Tbk menutup fasilitas top up tunai di gerbang tol wilayah Jadebotabek mulai Kamis (19/3/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X