Penutupan Jalan Tol Arah Jakarta Itu Hoaks

Kompas.com - 30/03/2020, 07:02 WIB
Informasi bohong atau hoax yang beredar dimasyarakat tentang penutupan jalan tol Dokumentasi Ditlantas Polda Metro Jaya Informasi bohong atau hoax yang beredar dimasyarakat tentang penutupan jalan tol
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat kembali digegerkan soal adanya informasi penutupan beberapa ruas jalan tol menuju Jakarta yang akan dilakukan mulai Senin (30/3/2020).

Kabar tersebut beredar luas melalui whatsapp group di kalangan masyarakat. Namun saat mengkonfirmasikannya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, membantah adanya rencana tersebut dan menjelaskan bila kabar tersebut adalah hoaks.

"Tidak benar itu, informasi bohong, hoaks," tulis Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam pesan singkatnya yang diterima Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Baca juga: Polisi Simulasi Karantina Wilayah, Tutup Akses Jalan Keluar Masuk Jakarta

Dalam informasi bohong tersebut, disebutkan ada enam ruas tol arah Jakarta yang ditutup. Alasanya tak lain karena sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19).

Keenam ruas tol yang dimaskud, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Dalam Kota Jakarta, Tol Sedyatmo arah menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tol Jagorawi ke Jakarta, dan Tol JORR Non S.

Sejumlah kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). PT Jasa Marga Tbk memprediksi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru diperkirakan ada 479.049 kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah maupun layang, dengan tujuan Bandung 51 persen dan Trans Jawa 49 persen. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/ama.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). PT Jasa Marga Tbk memprediksi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru diperkirakan ada 479.049 kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah maupun layang, dengan tujuan Bandung 51 persen dan Trans Jawa 49 persen. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/ama.

Informasi hoaks soal penutupan jalan tol akibat Covid-19 bukan yang pertama kali, pekan lalu juga ada kabar yang serupa dan ramai diperbincangkan.

Heru menjelaskan bila seluruh jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga Group di wilayah Jabotabek diklaim masih berjalan normal.

Baca juga: Amankah Semprot Kabin Mobil dengan Cairan Disinfektan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Halo, Kawan JM! Menanggapi beredarnya informasi mengenai ditutupnya sejumlah ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga Group di wilayah Jabotabek, kami tegaskan informasi tersebut TIDAK BENAR/HOAX.? ? Hingga keterangan resmi ini diturunkan, ruas jalan tol wilayah Jabotabek yang dioperasikan Jasa Marga Group diantaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Sedyatmo (Bandara), Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol JORR Non S masih beroperasi dengan normal.? ? Pastikan selalu cek informasi sebelum disebarluaskan ya, Kawan JM!? ? #IndonesiaberSATU? #BUMNUntukIndonesia? #BUMNAtasiCorona? #JasaMargaTetapSiaga? #JasaMargaFightsCovid19

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on Mar 21, 2020 at 1:03am PDT

 

"Hingga keterangan resmi ini diturunkan, ruas jalan tol wilayah Jabotabek yang dioperasikan Jasa Marga Group diantaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Sedyatmo (Bandara), Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol JORR Non S masih beroperasi dengan normal," ucap Heru.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X