Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Cegah Serangga Bersarang di Mobil

Kompas.com - 29/03/2020, 12:42 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan berkala pada kendaraan pribadi seperti mobil, mempunyai banyak keuntungannya. Salah satunya, menjaga agar kondisi mobil tetap prima dan nyaman saat dikemudikan.

Adanya, kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) yang sudah diterapkan sejak beberapa hari lalu, tentunya memberikan waktu lebih banyak untuk melakukan aktivitas lain di rumah.

Selain bodi atau eksterior, kabin atau interior mobil juga perlu dilakukan perawatan secara rutin. Apalagi, bagian ini menjadi penentu tingkat kenyamanan seseorang dalam berkendara.

Baca juga: Mobil Tidak Dipakai Lama, Lebih Baik Aki Dicabut atau Tidak?

Maka dari itu, bagian kabin ini harus tetap dijaga agar selalu memberikan kesan tenang dan nyaman saat digunakan. Melakukan perawatan ini tidak hanya membersihkan bagian yang kotor atau terkena noda saja.

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Tetapi, juga mencegah hadirnya hewan pengganggu seperti serangga yang bersarang di kabin. Hewan ini dikenal suka bersarang di mana saja, terlebih di tempat-tempat lembab.

Jika keberadaannya tidak terdeteksi, dikhawatirkan jumlahnya akan semakin banyak dan tentunya lebih sulit untuk dibersihkan.

Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept, di Sunter, Jakarta Utara, Edy mengatakan, sebenarnya keberadaan hewan serangga maupun semut bisa dicegah.

Salah satunya dengan rutin melakukan pembersihan di kabin mobil maupun di bagian lain yang menjadi tempat favorit hewan tersebut.

Baca juga: Selama WFH, Jangan Lupa Cek Volume Air Aki Mobil

“Pencegahan itu bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan menggunakan vakum di bagian panel atau bagian karpet dasarnya,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Dengan pembersihan ini, maka bisa mengantisipasi datangnya serangga atau semut yang akan bersarang di dalam kabin atau bagian interior mobil.

Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).

“Lebih baik melakukan pencegahan atau preventif sebelum terjadi yang kurang baik pada mobil. Kalau ada ilmu lebih, panel-panel plastik dan juga yang menutup karpet dasar dibersihkan menggunakan vakum,” ucapnya.

Selain itu, kata Edy, cara lain adalah dengan membuat serangga atau pun semut menjadi tidak nyaman saat akan bersarang di dalam kabin. Salah satunya bisa dilakukan dengan fogging pada bagian interior.

Dikatakannya, fogging memang tidak bisa serta-merta membunuh serangga ataupun semut dengan cairan yang digunakannya.

Baca juga: Ketahui, Ini Tanda Aki Mobil Sudah Mulai Soak

Tetapi, pengasapan ini dipercaya akan mampu membuat serangga maupun semut menjadi tidak nyaman saat akan bersarang di dalam kabin.

“Kalau belum parah, treatment interior yang dilakukan hanya normal. Tapi kalau sudah parah maka harus dilakukan pembersihan total, mengangkat bagian interior dan pembersihannya harus menggunakan semprotan khusus yang ada anti serangganya,” kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com